Berdalih Lupa, Masyarakat Masih Abai Prokes

Berdalih Lupa, Masyarakat Masih Abai Prokes
AYO PEDULI: Anggota Polres Kebumen saat turun langsung membagikan masker gratis kepada warga di seputar kota Kebumen, kemarin.

KEBUMEN, Radar Kebumen – Polres Kebumen terus menggencarkan operasi yustisi untuk memastikan Kabupaten Kebumen tidak naik level lagi dalam PPKM darurat. Namun lagi-lagi, masyarakat masih ada yang kedapatan abai menerapkan protokol kesehatan (prokes). Berbagai alasan disampaikan ketika terjaring operasi yustisi.

“Ada saja alasannya. Ada yang mengatakan lupa, ketinggalan, bahkan ada pula yang mengatakan hanya keluar sebentar jadi tidak perlu mengenakan masker,” ucap Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman, kemarin (13/9).

Ditegaskan, Sat Lantas Polres Kebumen dalam melaksanakan operasi yustisi sekaligus membawa masker untuk dibagikan kepada warga di seputaran kota Kebumen secara gratis. “Masih ada pelanggaran, alasannya ada saja. Tapi tidak apa-apa, kami akan terus ingatkan prokes melalui kegiatan operasi yustisi,” tegasnya.

Dijelaskan, warga masyarakat harus kompak dan disiplin dalam menerapkan prokes, meskipun Kebumen kini sudah turun ke Level 3 untuk PPKM. Kesadaran harus ditanamkan kuat, minimal menurunkan ego peduli dengan yang lain. “Dengan memakai masker itu berarti peduli dengan diri sendiri juga orang lain, mengenakan masker itu artinya tidak hanya menjaga diri agar tidak tertular, tetapi lebih bijak lagi jika pemahamannya takut menularkan,” jelasnya.

Ditambahkan, kendati ada sebagian masyarakat yang abai dengan prokes, tidak sedikit warga yang sudah tertib mengenakan masker meski Kebumen memasuki PPKM Level 3. “Dalam operasi ini, mereka yang tertib mengenakan masker tetap mendapatkan pembagian masker gratis. Kami bagikan untuk masker cadangan bagi warga. Meskipun telah menggunakan masker, tetap kami kasih,” ucapnya.

Polres Kebumen sejauh ini optimistis dan mendukung pemerintah agar pandemi cepat berlalu. Salah satu yang ditekankan dengan terus menggelar kegiatan patroli dalam operasi yustisi secara berkala baik tingkat polres juga polsek jajaran. “Kami optimistis, PPKM Level 3 bisa diturunkan kembali ke zona hijau melalui kegiatan Operasi Yustisi serta serbuan vaksin Presisi,” ujarnya. (tom/bah)

Lainnya