Timbunan Longsor Sudah Dibersihkan

Timbunan Longsor Sudah Dibersihkan
Warga Desa Langse bergotong-royong membersihkan timbunan longsong tebing Selaranda di Desa Langse, Karangsambung pada Senin (14/9) malam.

KEBUMEN, Radar Kebumen – Bahu jalan di Desa Langse, Karangsambung yang sempat tertimbun material longsoran Tebing Selaranda sudah bisa dilewati. Masyarakat sudah bisa menggunakan jalan dan kembali beraktifitas.
Kasi Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman menjelaskan, pembersihan material longsor langsung dilakukan sesaat setelah kejadian longsor. Kejadian longsor, terjadi sekitar pukul 18.30 pada Senin (13/9). Pembersihan material longsor melibatkan petugas Kecamatan Karangsambung, Polsek Karangsambung, Koramil Karangsambung, petugas PLN, BPBD Kebumen, Perhutani dan masyarakat. “Saat ini material longsor sudah dibersihkan dan bisa kembali dilalui kendaraan,” jelas Tugiman kemarin (14/9).
Lokasi longsor, lanjut Tugiman, adalah akses jalur utama penghubung Kecamatan Karangsambung dan Kecamatan Sadang menuju Kebumen. Dengan kembali bisa dilaluinya jalur tersebut, membuat warga Kecamatan Karangsambung dan Sadang bisa kembali beraktifitas seperti biasa.
Sementara itu, Bakohumas BPBD Kebumen Heri Purwoto menuturkan material longsoram Tebing Selaranda berupa batu di bahu jalan tidak menyebabkan korban jiwa. Hanya mengakibatkan akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat sementara waktu.

Dalam pembersihan material longsoran untuk membuka akses jalan kendaraan, diupayakan dengan mendatangkan ahli pemecah batu secara manual untuk penanganan. “Sementara pemindahan longsoran yang berupa batu dengan diameter 3 meter yang menutup sebagian jalan, menggunakan alat berat,” ungkap Heri. (eno/din/er)

Lainnya