Ikuti Cabai, Harga Telur Juga  Anjlok

Ikuti Cabai, Harga Telur Juga  Anjlok
Harga sejumlah kebutuhan pokok turun akibat stok melimpah dan permintaan kurang.

PURWOREJO, Radar Purworejo – Harga salah satu kebutuhan pokok, yakni telur ayam ras anjlok di pasaran. Di Kabupaten Purworejo, harga perkilogram saat ini hanya Rp 17.500. Padahal sebelumnya Rp 20 ribuan.”Sudah dua mingguan ini,” ujar salah satu pedagang di Pasar Baledono Rifai Apin, kemarin (16/9).

Menurutnya, turunnya harga ini karena stok yang melimpah di  tingkat peternak. Selain itu, karena permintaan pasar yang sepi karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).”Cabai yang saat ini harganya masih rendah,” ungkapnya.

Pedagang lain yakni Alfiatun juga menyebutkan, anjloknya harga tersebut diduga karena adanya produksi cabai yang melimpah tetapi serapannya tidak maksimal.

“Sekarang cabai rawit merah, keriting, dan hijau di Pasar Baledono sekitaran Rp 15 ribuan,” ujarnya. Padahal, sebelum turun harga cabai rawit merah dikisaran puluhan ribu.

Menurut pantauan melalui laman SiHati (sistem informasi harga dan produksi komoditi) Provinsi Jawa Tengah, harga rata-rata telur ayam di Kabupaten Purworejo per Rabu (15/9) terpantau Rp 18 ribuan dari semula pada bulan sebelumnya Rp 22 ribuan.

Sementara, cabai merah keriting Rp 13 ribuan, cabai rawit merah Rp 14 ribuan per kg, cabai rawit hijau Rp 14 ribuan, cabai merah besar biasa Rp 13 ribuan, bawang merah Rp 23 ribuan, sedangkan bawang putih kating Rp 26 ribuan per kilogram. Kemudian, untuk harga daging ayam ras Rp 30 ribuan, daging sapi Rp 128 ribuan per kg, beras IR 64 premium Rp 10 ribuan, dan beras IR 64 medium Rp 8 ribuan per kg. (han/din/er)

Lainnya