Terus Berbenah, Menunggu Pak Menteri Datang

Terus Berbenah, Menunggu Pak Menteri Datang
Destinasi Gunung Gajah merupakan salah satu potensi wisata yang dikelola oleh Desa Wisata Pandanrejo.

PURWOREJO,  Radar Purworejo – Desa Wisata Pandanrejo (Dewa Pandan) berharap mampu menembus sepuluh besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan Kemenparekraf. Pengelola terus melakukan pembenahan menyongsong penjurian.

Desa Wisata Pandanrejo (Dewa Pandan) berkiprah di level nasional. Desa wisata yang berada di wilayah Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, tersebut berhasil melaju ke ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Anugerah tersebut diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Saat ini Dewa Pandan lolos menjadi 50 besar ADWI.

“Sekarang lagi persiapan menuju sepuluh besar ADWI. Masih proses penilaian. Pak Menteri (Parekraf Sandiaga Uno) masih belum selesai melakukan kunjungan ke 50 desa wisata yang lolos,” ujar Widyastuti, salah seorang pengelola Dewa Pandan, saat dikonfirmasi Radar Purworejo Rabu (15/9).

Widya menyatakan, saat ini pihaknya terus berbenah. Berbagai fasilitas disempurnakan.

Menurutnya, selama ini pengelola sudah bekerja keras untuk membawa Dewa Pandan ampu menembus 50 besar. Mereka melakukan berbagai persiapan. Di antaranya, menyediakan akses menuju obwis, sarana kuliner, dan menjaga kebersihan.

“Kalau sekarang, kami masih mempersiapkan diri untuk penjurian. Menunggu Pak Menteri datang,” ujarnya.

Dia berharap keberhasilan mengikuti ajang ADWI dapat memajukan Dewa Pandan sehingga lebih dikenal masyarakat luas. Terlebih, ajang ADWI merupakan salah satu ajang bergensi dari Kemenparekraf.

“Dalam ajang ini ada 1.831 desa wisata dari seluruh Indonesia yang ikut,” kata dia.

Ada sejumlah kriteria dalam ajang ini. Desa wisata yang terpilih harus memiliki prestasi dengan kriteria penilaian dari Kemenparekraf. Di antaranya, memenuhi kriteria penilaian penerapan CHSE hingga potensi-potensi lain yang dimiliki desa. Program CHSE yakni cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keselamatan), dan environmental sustainability (kelestarian lingkungan).(amd/din/er)

Lainnya