Seleksi Atlet Menuju Dulongmas 2021

Seleksi Atlet Menuju Dulongmas 2021
Pembukaan Kejuaraan Renang Bupati Cup 2 di Kolam Renang GOSI, Kompleks Stadion Candradimuka, Kebumen, kemarin.

KEBUMEN, Radar Kebumen – Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten  Kebumen menggelar Kejuaraan Renang Bupati Cup 2 di Kolam Renang GOSI, Kompleks Stadion Candradimuka, Kebumen, kemarin (26/9). Kegiatan itu dibuka langsung Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Ikut hadir mendampingi Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Asisten 1 Edi Rianto, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kabupaten Kebumen Muhammad Arifin, dan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Kebumen Sriyanto.

Arif Sugiyanto menegaskan, kejuaraan harus rutin digelar agar para atlet terbiasa merasakan atmosfer pertandingan. Melalui perlombaan bakat dan kemampuan para atlet bisa lebih terasah. Terlebih atlet dari Kebumen kebanyakan masih usia dini. “Anak-anak berbakat ini perlu dilatih sejak dini. Kejuaraan seperti ini penting untuk mengasah kemampuan dan membentuk mental juara,” kata Arif.
Dijelaskan, metode serupa tidak hanya untuk cabag olah raga (cabor) renang. Olahraga apapun juga harus diupayakan pertandingan atau latihan rutin. Pemkab Kebumen melalui KONI mendukung penuh kemajuan para atlet-atlet untuk bisa berbicara di tingkat nasional. “Saya bahkan berharap suatu saat nanti atlet Kebumen ada yang mewakili Indonesia, berlaga dalam kejuaran dunia, membawa harum nama Indonesia dengan sukses merebut medali emas di laga internasional,” jelasnya.
Ketua Umum PRSI Kebumen Saat Rahmana mengungkapkan, kejuaraan ini diikuti 216 peserta dari usia 6 tahun – 17 tahun. Mengingat masih masa pandemi, lomba digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan diselenggarakan hanya satu hari. “Karena pandemi, jumlah pesertanya dibatasi. Lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya yang bisa mencapai 400 peserta. Sekarang hanya 216 peserta,” ungkapnya.
Ketua Harian PRSI sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Sugito Edi Prayitno menambahkan, kejuaraan ini sebagai ajang persiapan para atlet mengikuti Pekan Olahraga Wilayah Kedu, Pekalongan, Banyumas (Porwil Dulongmas) Oktober 2021 mendatang di Purbalingga. Kebumen termasuk kabupaten yang diperhitungkan. Tidak sedikit para atlet renang dari Kebumen yang berhasil menyumbangkan medali untuk tingkat provinsi. Artinya, Kebumen punya potensi untuk terus dikembangkan.”Masih ada 20 hari untuk terus berlatih. Pemenang kejuaraan ini akan dibina dan dilatih terus, untuk persiapan ikut dalam ajang Dulongmas,’’ jelasnya.

Ditambahkannya, ada 12 atlet yang akan diberangkatkan. Yakni enam putra dan enam putri. “Mohon doa dan dukungannya semoga atlet Kebumen mampu menunjukan prestasi di setiap ajang kejuaran olahraga baik tingkat provinsi maupun nasional,” ucapnya. (tom/din/er)

Lainnya