Usulkan Munawar Jadi Wakil Ketua DPRD

Usulkan Munawar Jadi Wakil Ketua DPRD
Rapat paripurna pengambilan keputusan DPRD tentang pengusulan pergantian pimpinan DPRD Kebumen kemarin (27/9).

KEBUMEN, Radar Kebumen – Rapat paripurna pengambilan keputusan DPRD tentang pengusulan pergantian pimpinan dilaksanakam kemarin (27/9). Menggantikan posisi Yuniarti Widayankngsih sebagai Wakil Ketua DPRD Kebumen, telah diusulkan nama Munawar Cholil dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Ketua DPRD Kebumen Sarimun menjelaskan keputusan penggantian Yuniarti saat ini telah disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah melalui Bupati Kebumen. Untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku. Hal ini dilakukan usai mendapat persetujuan dari pimpinan dan anggota DPRD untuk mengganti Yuniarti dari jabatan Wakil Ketua DPRD Kebumen.

Keputusan tersebut, mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kesalahan akan ditinjau kembali. “Dan ditetapkan sebagaimana mestinya,” jelas Sarimun usai rapat paripurna DPRD Kebumen.

Wakil Ketua DPRD Kebumen Yuniarti Widayaningsih mengaku menerima apa yang menjadi keputusan Parti Golkar sebagai kader partai. Menurutnya, ia tidak perlu mempertahankan jabatan yang saat ini dipegangnya. Dengan berubah jabatan menjadi anggota DPRD, ia mengaku akan tetap bisa mengaspirasi sebagai wakil rakyat. ”Tentunya, degan lebih leluasa dan bebas,” kata Yuniarti.

Usai rapat paripurna, Yuniarti mengaku telah mempersiapkan ruangan kerja dan mobil sebagai barang inventaris untuk dikembalikan. Meskipun belum resmi diberhentikan, saat ini surat keputusan rapat paripurna telah dikirimkan ke Bupati Kebumen dan akan dilanjutkan ke Gubernur Jawa Tengah. “Nantinya gubernur yang akan menentukan kapan waktu pergantian dan pemberhentian melalui surat keputusan (SK) Gubernur. Kita tunggu sampai Oktober,” lanjutnya.

Ia berharap, bagi calon pengganti yang akan menduduki kursi pimpinan dewan nantinya, mampu menjabarkan tugas dan fungsi sebagai seorang legislator. Untuk menjembatani antara eksekutif dan legislatif serta mampu menjaga marwah lembaga. “Mungkin dari kacamata partai, saya dipandang kurang baik. Harapan kami pengganti yang notabene suami Ketua DPD Partai Golkar Kebumen agar lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kebumen Halimah Nurhayati menuturkan pengajuan Pergantian Antar Waktu (PAW) Pimpinan DPRD Kabupaten Kebumen sisa masa jabatan 2019-2024 telah disampaikan kepada Ketua DPRD Kebumen sejak 1 September lalu.

Pengajuan tersebut, berdasarkan persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah. “DPD Partai Golkar Kabupaten Kebumen mengajukan PAW pimpinan DPRD diisi oleh Munawar Cholil sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kebumen. Dengan sisa masa jabatan 2019-2024 menggantikan Yuniarti,” kata Halimah. (eno/bah/er)

Lainnya