Pemkab Percepat Penurunan Stunting

Pemkab Percepat Penurunan Stunting
Suasana kegiatan penurunan Stunting di Setda Purworejo.

PURWOREJO, Radar Purworejo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo berkomitmen mencegah terjadinya stunting. Pemkab bertekad mempercepat menurunkan kasus gagal tumbuh akibat ketidakcukupan zat gizi.

“Faktor kemiskinan menjadi penyebab utama dari stunting pada balita,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Purworejo Said Romadhon dalam kegiatan Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Purworejo di Setda Purworejo Selasa (28/9).

Menurutnya, pandemi Covid-19 menjadi perhatian serius. Sebab, kondisi ini berpotensi memincu terjadi peningkatan jumlah bayi penderita stunting.

Ditegaskan, pola asuh yang salah dan pengetahuan yang rendah dari orang tua tentang pemberian makanan bergizi seimbang pada bayi dan balita juga menjadi sebab. Namun, jumlahnya kecil saja.

Terpisah, Ketua Panitia Rembuk Stunting Sri Sulastri menyampaikan, prevalensi stunting di Kabupaten Purworejo rendah. Namun, masih ditemukan desa dengan prevalensi stunting lebih dari 20 persen pada 2021. Jumlahnya ada 44 desa.

”Untuk itu, perlu adanya penanganan yang segera dan berkelanjutan dengan bekerja sama seluruh elemen baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat,” ujarnya. (han/amd)

Lainnya