Siapkan Puluhan Ribu Sinovac

Siapkan Puluhan Ribu Sinovac
Seorang warga menjalani pengukuran tensi dalam vaksinasi masal di Pendapa Rumah Bupati Purworejo kemarin (29/9)

PURWOREJO, Radar Purworejo – Warga antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 yang diadakan di Pendapa Rumah Bupati Purworejo. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo minta masyarakat tak perlu khawatir tidak kebagian vaksin.

Saat ini tersedia puluhan ribu vaksin Covid-19 jenis Sinovac. “Kami sediakan 23 ribu dosis vaksin Sinovac hingga 2 Oktober. Masyarakat tak perlu khawatir tidak kebagian,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purworejo Said Romadhon Rabu (29/9).

Warga memenuhi pendapa. Warga datang hampir bersamaan. Akibatnya, sempat terjadi antrean lumayan panjang.

”Langsung dilakukan langkah-langkah pengamanan untuk memecah kerumunan dan tetap menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Menurutnya, vaksinasi kali ini tidak hanya diikuti warga Kabupaten Purworejo. Ada banyak warga dari luar. Namun, semua warga memperoleh vaksinasi.

“Kami telah melakukan evaluasi secara menyeluruh dan akan melakukan langkah penyempurnaan pada vaksinasi hari berikutnya,” papar Said.

Dikatakan, pengaturan di kompleks pendapa akan melibatkan personel dari satpol PP dan damkar, BPBD, dinas pehubungan, TNI, serta Polri. ”Nanti petugas akan mengatur agar warga bisa antre dengan tertib dan menjaga jarak,” ungkapnya.

Warga yang masuk ke kompleks pendapa bakal diatur sebanyak enam ratus orang orang setiap jam. Tiap hari disediakan kuota empat ribu vaksin.

“Akan kami pastikan bahwa semua yang datang mendapat vaksin tersebut,” ujarnya.

Menurut pantauan Radar Purworejo, antrean warga mengular hingga luar pintu gerbang pendapa. Bahkan, ada warga yang mengaku mengantre sejak pukul 05.00. Ada pula warga memilih pulang karena melihat antrean yang begitu panjang.

“Niatnya saya mau ikut vaksin, tapi melihat antrean begitu panjang, saya putuskan lebih baik balik saja,” ujar Gery Aji, 20. (han/amd/er)

Lainnya