Sofyan Ditemukan, Pencarian Mugiono Masih Dilanjutkan

Sofyan Ditemukan, Pencarian Mugiono Masih Dilanjutkan
Tim SAR Gabungan saat mengevakuasi jasad Sofyan Sauri, 55, warga Desa Sumberjati, RT 001 RW 003, Kecamatan Ambal, di Pantai Telogodepok, Mirit, kemarin (4/10).

AMBAL, Radar Kebumen – Sofyan Sauri, 55, korban tenggelam di pantai Sumberjati, Ambal ditemukan kemarin (4/10). Warga Desa Sumberjati RT 001 RW 003 tersebut diketahui telah meninggal dunia.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya menjelaskan korban ditemukan oleh tim SAR gabungan sekitar 05.45. Berjarak tiga kilometer arah timur dari lokasi kejadian. Tepatnya di Pantai Telogodepok, Mirit. “Jasad langsung dievakuasi dan dibawa ke rumah duka,” beber Sidakarya.

Dengan ditemukannya Sofyan, korban yang belum diketahui keberadaannya adalah Mugiono, 32. Warga Desa Sumberjati, RT 003 RW 004 Kecamatan Ambal. Proses pencarian hari ketiga, penyisiran akan dilakukan dari darat ke arah barat dan timur. Pencarian dari laut juga masih dilanjutkan. Dari titik lokasi kejadian berjarak sekitar sembilan Nautical Mill, menggunakan perahu karet dan jukung katir.

Penyisiran, tetap dilakukan oleh tim SAR gabungan. Terdiri dari Basarnas Cilacap, Polsek Ambal, Koramil Ambal, Pos AL Logending, Satpol Air Kebumen, BPBD Kebumen dan Pemdes Sumberjati. “PMI, Orari, Rapi, MDMC, Bagana, SAR Tunas Kelapa, SAR Elang Perkasa, Jack Track, Gertaks, Ubaloka dan SAR Lintas dari Purworejo,” rincinya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Iptu Tugiman menambahkan, korban laka laut yakni Sofyan ditemukan mengambang di tepi Pantai Mirit. “Benar sudah ditemukan, korban nelayan yang hilang ditemukan dalam keadaan meninggal,” tutur Tugiman.

Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Magrib menyebutkan, saat ini Polres Kebumen ikut melakukan pencarian korban Mugiono. Pihaknya mengaharahkan Patroli Polsek yang memiliki garis Pantai. Penyisiran dilakukan di area pantai-pantai wilayah Kebumen. “Kami lakukan pencarian satu korban nelayan lainnya yang belum ditemukan,” ungkapnya.

Sementara Komandan SAR Lintas Purworejo Daryanto mengaku mencoba bergerak dan merapat untuk membantu pencarian serta penyelamatan korban laka laut. Baik diminta atau tidak, hal ini dilakukan dalam misi kemanusiaan. Menurutnya, koordinasi

tim SAR dan pihak-pihak terkait sejauh ini cukup kuat. “Kami selalu mendapat informasi dari group kebencanaan. Biasanya ada SOP dalam proses pencarian laka laut, dan ini baru hari ketiga maka proses pencarian masih dilanjutkan,” ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua nelayan dilaporkan hilang terseret ombak. Saat menjaring ikan di Pantai Sumberjati, Ambal pada Sabtu (2/10). Diketahui, para korban terlilit jaring saat menebar jaring. Keduanya jatuh ke tengah laut saat ombak besar datang menyeret korban. (tom/eno/er)

Lainnya