Pemindahan SDN Sebomenggalan Diprotes

Pemindahan SDN Sebomenggalan Diprotes
TANAH PEMKAB : Wali murid SDNegeri Sebomenggalan Purworejo saat mengikuti sosialisasi pembangunan hotel di sekolah setempat, kemarin (16/11). (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) berencana memindah SDN Sebomenggalan Purworejo dan mengalihfungsikannya menjadi hotel berbintang. Hal itu mendapat penolakan dari sejumlah wali murid saat sosialisasi rencana pembangunan hotel yang digelar kemarin (16/11).

Mereka juga menyayangkan sosialisasi digelar cukup mepet. Tenggat waktu sosialisasi hanya dua bulan hingga Desember mendatang. Jadwal pemindahan para siswa bahkan dijadwalkan awal bulan. Tepatnya 1 Desember-20 Desember. SDN Sebomenggalan yang sudah terakreditasi A menyandang predikat Adiwiyata ini akan dipindah ke SDN Kepatihan dan SDN Ngupasan. “Saya tidak setuju pendidikan dikorbankan untuk pembangunan hotel yang belum jelas tujuannya,” ucap Doni, salah satu orang tua siswa.

Kabid Pendidikan Sekolah Dasar, Disdikpora Kabupaten Purworejo, Sri Anteng menjelaskan, tanah SDN Sebomenggalan adalah milik Pemkab Purworejo, meskipun sekolah tersebut sudah berdiri lebih dari 40 tahun. Rencananya tanah yang berada di kawasan Ganesha Center akan dikosongkan pada bulan Desember 2021 dan akan dilakukan proses pembangunan hotel. “Kami hanya menjalankan perintah menyampaikan sosialisasi tentang pemindahan SD ini, berkaitan dengan rencana pembangunan hotel,” ucapnya.

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Purworejo Wiyonoroto menambahkan, proses pemindahan dan pengosongan diharapkan bisa segera dilaksanakan. Pihaknya men dapat surat dari pemerintah (Sekda dan BPPKAD) untuk menyampaikan sosialisasi tentang pemindahan SDN Sebomenggalan karena proses pembangunan hotel segera dilaksanakan.”Semua perlu dikoordinasikan terkait mekanisme pemindahannya,” ucapnya. (tom/din)

Lainnya