UMK Purworejo 2022 Naik 0,34 Persen

UMK Purworejo 2022 Naik 0,34 Persen
ILUSTRASI: Kabupaten Purworejo memiliki banyak potensi yang dilirik investor. Tampak suasana malam di kawasan Alun-Alun Purworejo yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Purworejo. (Dinas pariwisata dan kebudayaan purworejo)

RADAR PURWOREJO – Upah Minimum Kabupaten (UMK) Purworejo di 2022 diusulkan mengalami kenaikan 0,34 persen. Jika sudah ditetapkan oleh gubernur, akan diberlakukan mulai 1 Januari 2022.

Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Purworejo Gathot Suprapto menyebutkan, pihaknya telah melakukan rapat dengan tim dewan pengupahan daerah, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), dan juga Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Purworejo.

“Kami menghitung formulasi kenaikan UMK sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan,’’ ujarnya kemarin (18/11). Dari formula itu didapatkan hasil Rp 1.905.400 naik menjadi sekitar Rp 1.911.000-an dan sedang diusulkan ke gubernur Jawa Tengah.

Dikatakan, formulasi-formulasi tersebut yakni dengan memperhatikan pertumbuhan ekonomi, hingga nilai inflasi. Selain itu, paritas daya beli, tingkat penyerapan tenaga kerja, dan juga melihat median upah dari data BPS (Badan Pusat Statistik).

“Ini sudah ada petunjuknya bagi kami untuk menghitung kenaikan UMK, sehingga kami tinggal memasukkan data dan variabel-variabel untuk menghitungnya. Kami juga memperhitungkan faktor pandemi juga,” kata dia.

Dia berpesan kepada para perusahaan untuk tetap menjaga konsistensi perusahaan dan mengembangkannya. Sehingga, meskipun di tengah pandemi Covid-19 tidak ada kasus putus hubungan kerja (PHK) atau pengurangan pegawai. “Harapannya jangan sampai pandemi berpengaruh apapun pada pendapatan para pegawai,” pesan Gathot.

Seperti diketahui, kenaikan UMK tersebut lebih rendah dibandingkan tahun ini. Yakni, di 2021 naik sebesar 3,27 persen yang semula Rp 1.845.000 naik menjadi Rp 1.905.400 pada 2021. Hal itu tak dapat dipungkiri. Sebab kondisi pertumbuhan perekonomian saat ini juga melambat. (han/din)

Lainnya