Kunjungan Wisatawan Melampaui Target

Kunjungan Wisatawan Melampaui Target
PADAT: Sejumlah wisatawan saat berkunjung ke Ketep Pass, Sawangan, Kabupaten Magelang, kemarin (2/1).

MAGELANG, Radar Jogja – Jumlah kunjungan di objek wisata (obwis) Ketep Pass saat momen tahun baru mengalami kenaikan signifikan. Tercatat pada Sabtu (1/1), total kunjungan mencapai 3.000 pengunjung.

Ketua Bagian Pemasaran Ketep Pass Edward Alfian menjelaskan, target kunjungan saat tahun baru hanyalah 2.500 pengunjung. Menurutnya, ini kali pertama Ketep Pass mendapatkan kunjungan hingga menyentuh angka dua ribu. “Terlebih selama pandemi dua tahun berselang. Kami pecah telur dan bisa dikatakan rekor juga,” ujar Ketua Forum Daya Tarik Wisata (DTW) Kabupaten Magelang itu, kemarin (2/1).

Ian, sapaan akrabnya menyebutkan, kapasitas kunjungan Ketep Pass selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 adalah 75 persen. Atau mencapai 4.500 orang. “Jadi, belum mencapai maksimal, namun telah melampaui target,” tegasnya.

Banyaknya kunjungan, diklaimnya tidak mengakibatkan penumpukan di dalam area Ketep Pass. Bisa dikatakan, masih dalam taraf aman. Selain itu, protokol kesehatan yang diterapkan, tetap terjaga dengan baik. “Cuaca yang relatif cerah, membuat para pengunjung semakin antusias mengunjungi wisata ini,” ungkap Ian.

Namun, kata Ian, masih ada kendala yang dihadapi pengelola Ketep Pass. Yakni lahan parkir yang terbilang kurang untuk menampung ratusan kendaraan. Bahkan, banyak kendaraan yang terpaksa parkir di bahu jalan. “Yang bawah di pertigaan Ketep Pass ke arah Boyolali. Kalau yang atas sampai ke perbatasan Desa Banyuroto,” tuturnya.

Untuk angka kendaraan yang parkir di dalam area Ketep Pass, lanjutnya, lebih dari 400 sepeda motor dan 200 mobil. “Itu belum termasuk parkir di bahu jalan yang dikelola oleh pemuda dan masyarakat setempat,” jelasnya.

Dari ratusan kendaraan tersebut, pengunjung didominasi oleh masyarakat di sekitar Kabupaten Magelang. Seperti Jogja, Sleman, Temanggung, Salatiga, dan Boyolali. Namun, sebagian lainnya adalah pengunjung dari Jakarta dan Bandung. (cr1/eno/er)

Lainnya