Sisa Bara Api Picu Kebakaran Rumah Sipah

Sisa Bara Api Picu Kebakaran Rumah Sipah
PADAMKAN: Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang menghanguskan rumah milik Sipah di RT 03/03 Desa Ayam Putih, Buluspesantren pada Sabtu (1/1).

KEBUMEN, Radar Kebumen–Rumah Sipah, 46, terbakar pada Sabtu (1/1). Pemicu kebakaran di RT 03/03 Desa Ayam Putih, Buluspesantren adalah sisa bara api yang belum padam.

Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kebumen Jafar Sidiq menjelaskan, pemicu kebakaran adalah sisa bara api pada sebuah tungku kayu. Setelah digunakan memasak oleh pemilik rumah sekitar pukul 05.00.

Sipah yang merupakan seorang pedagang di pantai, lantas pergi untuk berjualan. Pukul 11.00, pemilik rumah sempat pulang untuk mengambil kebutuhan berjualan. Tanpa memastikan kondisi tungku kayu. “Pemilik pergi ke pantai untuk melanjutkan aktivitas. Peristiwa (kebakaran, Red) terjadi sekitar 11.46,” ucap Jafar, kemarin (2/1).

Warga setempat yang melihat kepulan asap pada bagian dapur mencoba untuk memadamkannya. Namun adanya tumpukan kayu yang berada di sebelah tungku, membuat kobaran api kian membesar. “Warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya, dan ada warga menghubungi pemadam kebakaran (damkar),” ungkapnya.

Menurut Jafar, api berhasil dipadamkan dengan cepat. Sehingga api tidak merambat ke rumah pokok. “Tidak menambah kerugian,” lanjutnya.

Atas peristiwa tersebut, Jafar mengimbau kepada masyarakat untuk tidak abai terhadap potensi ancaman kebakaran. Ia juga  meminta masyarakat untuk menyimpan nomor penting sebagai upaya respon cepat jika terjadi kedaruratan. “Silakan simpan nomor telepon pos-pos damkar di Kabupaten Kebumen,” ujarnya. (cr2/eno/er)

Lainnya