Belajar Matematika dengan Alat Peraga

Belajar Matematika dengan Alat Peraga
MENGASIKKAN: Mahasiswa UMP saat menjelaskan media pembelajaran kepada pengunjung pameran di Kompleks UMP, kemarin. (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Butuh terobosan dan kreatifitas agar belajar matematika menjadi lebih menyenangkan. Seperti dengan alat peraga pembelajaran matematika untuk memudahkan siswa memahami materi.

Kepala Program Studi Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) Teguh Wibowo menjelaskan, siswa khususnya tingkat SD-SMA/SMK perlu alat peraga saat belajar matematika. Namun harus menarik dan mudah dipahami. Mengingat pembelajaran matematika masih dipandang sebagai hal yang menakutkan.

Saat ini, ada 14 peraga yang diciptakan oleh mahasiswanya. Pembuatan alat peraga ini juga sebagai tugas ujian akhir semester mata kuliah media pembelajaran matematika. Adanya pameran alat peraga, bertujuan untuk mendapatkan kritik dan saran dari para pengunjung. “Pameran ini juga terbuka untuk umum dan mengundang sekolah di sekitar Purworejo. Agar perbaikan lebih sempurna,” jelas Teguh saat pameran media pembelajaran dan seminar di UMP, kemarin (7/1).

Guru SD Muhammadiyah 1 Baledono Wahyu Arif Hidayah mengungkapkan, media pembelajaran yang ditampilkan akan membuat anak-anak lebih mudah memahami matematika. Menjadi bukti, bahwa belajar matematika tidak menakutkan, namun justru mengasikkan. Dia mengaku terinspirasi untuk membawa siswa kelas 3 datang melihat langsung. “Banyak contoh media pembelajaran yang sangat membantu untuk siswa SD,” ungkapnya. (tom/eno)

Lainnya