Tak Mau Kecolongan Kasus Covid-19

Tak Mau Kecolongan Kasus Covid-19
TUNTAS: Suasana vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Rutan Purworejo di lingkungan rumah tahana, kemarin (13/1). (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Purworejo kembali menuntaskan vaksinasi Covid-19 kepada warga binaan. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan adanya kasus positif.

Kepala Rutan IIB Purworejo Mochamad Mukaffi menjelaskan, vaksinasi difokuskan kepada warga binaan yang baru dan belum mendapatkan suntikan vaksin. Suntikan dosis dua ini, ditargetkan untuk 153 orang. Tidak hanya menyasar warga binaan, vaksin juga diberikan kepada masyarakat umum.

Sebelumnya, vaksinasi tahap pertama sudah dilaksanakan pada akhir 2021. Dengan jumlah 144 orang. Untuk total warga binaan saat ini, mencapai 182 orang. “Sementara kapasitas rutan ada 122 orang,” bebernya saat vaksinasi di halaman Rutan Kelas IIB Purworejo, kemarin (13/1).

Meskipun jumlahnya overload, namun hal ini  bukan menjadi kendala. Karena semua aktivitas tetap berjalan dengan baik. Untuk antisipasi penularan Covid-19 di rutan, saat ini tidak diberlakukan kunjungan tatap muka. Melainkan dengan menggunakan alternative video call.

“Kami jadwalkan. Kami juga memberikan fasilitas penitipan makanan dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan, beberapa kegiatan yang berpotensi penularan Covid-19 juga dibatasi,” jelas Mukaffi.

Masyarakat umum yang turut mengikuti vaksinasi adalah Rodiah, 19. Warga Desa Brenggong, Purworejo ini mengetahui adanya giat vaksinasi dari media sosial. “Tahu dari instagram. Hari ini ikut vaksinasi dosis kedua, pakai jenis Astrazeneca,” ungkapnya. (tom/eno)

Vaksinasi di Desa Krandegan Capai 90 Persen

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo terus menggencarkan program vaksinasi. Seperti di Desa Krandegan. Capaian vaksinasi tercatat 90 persen.

Kepala Desa Krandegan, Bayan Dwinanto menjelaskan, data tersebut setelah diakumulasikan dengan tambahan vaksinasi untuk anak-anak. Sebelumnya, data terakhir capaian vaksinasi sebesar 87 persen. “Minggu lalu ada tambahan vaksin anak-anak, jadi sudah di atas 90 persen,” ungkapnya, kemarin (13/1).

Dikatakan, antusias masyarakat Desa Krandegan sangat tinggi dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Baik anak-anak hingga lansia. Bahkan, mereka juga rela untuk mengantre. “Diharapkan herd immunity di masyarakat tercapai,” lanjutnya.

Selain vaksinasi masal, upaya lain yang dilakukan pemkab adalah dengan menjemput bola. Dilakukan oleh puskesmas setempat, bekerjasama dengan TNI/Polri.

Bupati Purworejo Agus Bastian, juga telah meminta para Puskesmas untuk melakukan tracing, testing, dan treatment (3T). Selain itu, juga untuk memaksimalkan vaksin yang ada. “Agar tidak sampai mencapai masa kadaluars,” bebernya. (han/eno)

Lainnya