Terancam Longsor, Lima Warga Selogiri Mengungsi

Terancam Longsor, Lima Warga Selogiri Mengungsi
WASPADA: Kondisi rumah warga Desa Selogiri, Karanggayam yang berada di atas tebing terancam terkikis longsor.

KEBUMEN, Radar Kebumen – Lima warga Desa Selogiri, Karanggayam terpaksa harus mengungsi. Akibat rumah yang dihuni berada di atas tebing, terancam longsor.

Kepala Desa Selogiri Sukiman mengatakan, pemerintah desa telah meminta warga yang terdampak untuk mengungsi secepatnya. Mereka mencari tempat aman, dengan tinggal sementara ke sejumlah rumah kerabat.

Langkah ini diambil sebagai antisipasi agar tidak menimbulkan kerugian korban jiwa. Jika sewaktu-waktu longsor terjadi. Mengingat saat ini, hujan dengan intensitas tinggi masih sering turun di wilayah Selogiri. “Memang kondisinya mengkhawatirkan. Mau tidak mau harus mengungsi. Sekarang ada yang di rumah anak dan saudaranya masih satu rukun tetangga (RT),” ucapnya, kemarin (17/1).

Sukiman menyebut, warga yang mengungsi berasal dari dua kepala keluarga. Atas nama Ratiyem dan Supriyanto. Namun Sukiman belum bisa memastikan sampai kapan warganya akan mengungsi.

Sejumlah bantuan logistik pun mulai berdatangan. Baik dari instansi pemerintah maupun swasta. “Kemarin bantuan sudah dikirim. Tapi untuk keputusan belum jelas mau seperti apa karena masih rembug keluarga,” lanjutnya.

Sukiman menuturkan, sebelum warga memutuskan untuk mengungsi, longsor sudah sempat terjadi pada Senin (3/1) dini hari. Karena hujan secara terus-menerus, mengakibatkan longsor susulan terjadi pada Rabu (12/1). “Mulai mengungsi Rabu, karena rumah (Ratiyem dan Supriyanto, Red) ada retakan. Pada bagian pondasi belakang dan serambi rumah nyaris terbawa longsor yang semakin meluas,” bebernya.

Secara topografi, kata Sukiman, Desa Selogiri merupakan daerah perbukitan sehingga masuk dalam peta zona rawan longsor. Untuk itu, masyarakat diminta untuk selalu waspada. Sebab kondisi tanah akan semakin labil jika terus diguyur hujan.

Terpisah, Bako Humas BPBD Kebumen Heri Purwoto menyampaikan, assessment di lokasi kejadian telah dilakukan. Hasilnya, penyebab longsor ditengarai akibat tanah dasar pondasi merupakan tanah urugan. Atas kondisi, itu disarankan untuk relokasi ke lokasi yang dirasa aman. “Kami sudah menyarankan pindah dulu ke tempat yang jauh dari ancaman longsor,” ucapnya. (cr2/eno)

Lainnya