Peroleh 15 Ribu Vaksin untuk Booster

Peroleh 15 Ribu Vaksin untuk Booster
BOOSTER: Sejumlah ASN di lingkungan Pemkab Purworejo melakukan vaksinasi dosis tiga kemarin (20/1). (Dinkominfostasandi for Radar Purworejo)

RADAR PURWOREJO – Kabupaten Purworejo mendapatkan alokasi vaksin sebanyak 15 ribu dosis. Jumlah ini, dikhususkan untuk vaksinasi booster tang sudah dimulai sejak Selasa (17/1).

Kabid Pelayanan Kesehatan dan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Purworejo Budi Susanti menjelaskan, dari 15 ribu vaksin, total ada lima ribu dosis jenis Moderna. Sedangkan 10 ribu dosis lainnya adalah vaksin jenis Pfizer.

Nantinya, vaksin akan dialokasikan seluruhnya untuk suntikan dosis tiga. Dengan prioritas sasaran vaksin adalah lansia. “Dan masyarakat usia 18 tahun ke atas,” katanya kemarin (20/1).

Dikatakan, pelayanan vaksin dosis tiga dilaksnakan di RSUD Tjitrowardoyo, RSUD Cokronegoro, Polres, Brimob, DKT, dan 27 pukesmas di Purworejo. Pelayanannya dilaksanakan mulai Selasa (18/1) sampai dengan Sabtu (22/1). “Sebelumnya sudah disosialisasikan kepada masyarakat. Silakan masyarakat yang sudah vaksin kedua bisa dilayani gratis tidak dipungut biaya,” ujar Budi.

Vaksinasi booster, juga sudah dilakukan kepada aparatur sipil negara kemarin (20/1). Syaratnya adalah peserta vaksinasi sudah mendapatkan suntikan dosis satu dan dua. Selain itu, vaksin booster dilakukan minimal enam bulan dari vaksin dosis kedua. “Setelah enam bulan dosis kedua kekebalan menurun, booster dilakukan untuk meningkatkan kekebalan,” ungkapnya.

Menurutnya, vaksinasi akan turut dihentikansaat pandemic usai. “Tetapi, selama masih pandemi dan jumlah yang terkena Covid-19 naik, maka masih dilakukan vaksin,” jelasnya. (han/eno)

Lainnya