Bangun Puluhan Jamban Penuhi Standar Kesehatan Masyarakat

Bangun Puluhan Jamban Penuhi Standar Kesehatan Masyarakat
MEMBAUR: Anggota Polres Purworejo dan Kodim 0708 Purworejo saat membuat jamban di Desa Wadas sebagai program untuk membersamai warga, kemarin. (ISTIMEWA)

RADAR PURWOREJO – Banyak hikmah yang dapat dipetik dari peristiwa Wadas. Salah satunya yang intensif dilakukan anggota TNI-Polri. Mereka mencoba membersamai warga yang dibalut dengan berbagai kegiatan sosial. Apa yang mereka kerjakan lagi?

Ada aktivitas yang baik di Desa Wadas beberapa hari terakhir. Anggota TNI – Polri begitu intensif berbaur dengan rakyat Desa Wadas. Mereka seperti berlomba untuk kebaikan, menggelar berbagai kegiatan bakti sosial.

Upaya yang dilakukan para personel Polres Purworejo dan Kodim 0708 Purworejo itu dilakukan itu salah satu tujuannya untuk membangun suasana guyub rukun dan kondusif kembali di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

Sebelumnya, bantuan perlengkapan ibadah dan sembako telah dilakukan, bersilaturahmi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat serta perbaikan di tempat ibadah juga sudah dijalankan. Personel Kodim 0708 dan Polres Purworejo melanjutkan kebersamaan dengan program jambanisasi di tiga dusun, Desa Wadas.

“Kegiatan serupa akan dilakukan terus untuk menjaga situasi kondusif di Wadas dan menyambungkan silaturahmi antarwarga,” ucap Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, kemarin (14/2).

Dijelaskan, Desa Wadas butuh sentuhan psikoedukasi, dan bantuan sosial. Jambanisasi sebagai program berikutnya juga dilaksanakan di tiga dusun, diantaranya Dusun Beran, Dusun Kaliawis dan Dusun Kalimanggis.

“Pembagian paket sembako juga masih dilaksanakan di Dusun Gowok, Untuk kegiatan bakti sosial hari ini dimotori Dirbinmas Polda Jateng dan didukung Sat Binmas dan Bhabinkamtibmas Polres Purworejo,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan positif yang digelar warga diharapkan akan bisa meredam situasi Wadas lebih kondusif. Silaturahmi warga pro dan kontra penambangan Andesit diharapkan dapat dijalin erat kembali. “Semoga situasi terus membaik. TNI-Polri akan berusaha membantu warga demi terciptanya ketentraman warga dan situasi Kamtibmas yang kondusif,” ujarnya.

Komandan Kodim 0708 Purworejo, Letkol Inf Lukman Hakim menambahkan, masyarakat cukup rindu kebersamaan, mereka berinisiatif membuat dapur umum di kompleks Masjid Nurul Huda dan semua mencoba membantu.

Secara umum perkembangan situasi di Desa Wadas sudah semakin kondusif, masyarakat sudah mulai berkegiatan, beraktivitas seperti biasa. Memenuhi kebutuhan dasar, selain sembako TNI-Polri juga membuat melaksanakan program Jambanisasi untuk kesehatan.

“Jambanisasi ada 42 tempat dan saat ini masih membuat septictank, semua dilakukan dengan melibatkan masyarakat, tujuannya memang melibatkan semua warga sehingga semua bisa kembali normal,” ucapnya.

Trauma healing dilakukan secara sederhana, membaur dengan masyarakat itu juga salah satu bentuk trauma healing. Anak-anak juga sudah mulai bermain dengan ceria, seolah tidak terjadi apa-apa. “Memang begitu dunia anak-anak. Mereka harus diajak untuk mengenang yang indah-indah. Semoga ke depan akan kembali normal dan baik,” harapnya. (tom/din)

Lainnya