Khidmat, Pengetan Jumenengan RAA Tjokronegoro I

Khidmat, Pengetan Jumenengan RAA Tjokronegoro I
SAKRAL: Penampilan tarian Beksan Kidung Cakra oleh tujuh perempuan dalam acara Pengetan Jumenengan RAA Tjokronegoro I di Pendapa Kabupaten Purworejo, Sabtu (27/2). (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Pengetan Jumenengan Raden Adipati Aria (RAA) Tjokronegoro I digelar di Pendapa Kabupaten Purworejo, Sabtu (27/2) malam. Puncak peringatan Hari Jadi Ke-191 Kabupaten Purworejo ini dihadiri langsung Bupati Purworejo RH Agus Bastian, SE MM dan Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH Kegiatan dilaksanakan secara terbatas sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jumenengan RAA Tjokronegoro I ini ditandai dengan pementasan tarian Beksan Kidung Cakra oleh tujuh perempuan. Tarian ini adalah karya seniman Purworejo (Melania Sinaring Putri). Beksan Kidung Cakra mengisahkan lingkaran kehidupan manusia yang terus berputar.

Tari kedua yakni Beksan Cakra Tunggal karya seniman Wibi Supri Andoko, bercerita tentang semangat keprajuritan yang selalu siap berjuang menjalankan tugas dan amanah dalam keadaan apapun. Beksan itu juga menggambarkan karya monumental yang diprakarsai RAA Tjokronegoro I saat membangun Pendapa Kabupaten, Alun-Alun Purworejo, Beduk Pendowo, dan saluran irigasi Kedung Putri. (tom/din)

Lainnya