Bukan Ditilang tapi Ditempeli Stiker

Bukan Ditilang tapi Ditempeli Stiker
TAK TERTIB: Petugas Satlantas Polres Kebumen membagikan masker dan menempel stiker pada kegiatan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022.

KEBUMEN, Radar Kebumen – Sebanyak 137 pengguna jalan yang kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatan dibagi masker oleh jajaran Polres Kebumen. Tak hanya itu pada bodi kendaraan warga yang masih bandel tersebut juga ditempeli stiker. Bukan ditilang karena tidak melakukan pelanggaran lalulintas.

Perlakuan itu merupakan bagian kegiatan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi (OKLC) 2022. Stiker yang ditempel berisi sasaran prioritas pelanggaran pada kegiatan operasi. “Sosialisasi prokes hingga pembagian masker juga masih menjadi prioritas utama pada kegiatan pagi ini,” jelas Kasi Humas Polres Kebumen AKP Tugiman, Rabu (2/3).

Misi utama OKLC selain agar warga tertib berlalu lintas juga untuk menekan angka Covid-19. Operasi dilakukan di seputaran Tugu Lawet Kebumen pada saat sebagian orang pergi bekerja. Beberapa pelanggar ditemui karena tidak menggunakan masker saat berkendara. Kesempatan itu pun dimanfaatkan untuk mengampanyekan tertib berlalulintas. “Sosialisasi untuk tertib berlalu lintas, masih terus kami gencarkan,” sambungnya.

Masker sekaligus stiker dibagikan kepada pengguna jalan karena alasan lupa berikut tidak membawa masker cadangan. OKLC 2022 ini sudah memasuki hari kedua setelah sebelumnya dibuka langsung oleh Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama. “Hari ke dua Polres Kebumen gencar sosialisasikan tertib lalu lintas dan wajib protokol kesehatan saat bepergian,” jelasnya.

Stiker yang ditempel tersebut sebagai ajang sosialisasi ke masyarakat agar operasi yang dicanangkan lebih masif kepada masyarakat. “Sejumlah selebaran dan stiker tentang larangan penggunaan knalpot brong, serta masker dibagikan pada kesempatan itu,” terangnya.

Iptu Tugiman meminta dukungan kepada masyarakat untuk ikut mensukseskan pencanangan operasi karena memiliki tujuan baik, yakni untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas hingga mengantisipasi penyebaran Covid-19. (fid/pra/er)

Lainnya