Guru MTs Negeri 8 Borong Medali Olimpiade Sains

Guru MTs Negeri 8 Borong Medali Olimpiade Sains
INSPIRASI: Aulia Karima Zuhda Utami, guru MTs Negeri 8 Kebumen yang berhasil meraih medali pada ajang olimpiade sains tingkat nasional.

KEBUMEN, Radar Kebumen – Nama MTs Negeri 8 Kebumen terselip dalam ajang olimpiade tingkat nasional. Semua berkat kegigihan sosok guru Aulia Karima Zuhda Utami. Ia berhasil menyumbangkan prestasi medali, dari dua ajang berbeda olimpiade sains tingkat nasional.

Aulia berhasil membawa pulang medali perak dalam ajang olimpiade sains bertajuk Future Scientist Olimpiade (FUSO) 2022. Sebelumnya, ia memperoleh medali perak pada ajang Asesmen Literasi dan Numerasi (ALINEA) yang digelar Olimpiade Sains Indonesia (POSI). Kedua olimpiade tersebut terselenggara ditujukan untuk guru jenjang pendidikan SMP/MTs. “Event kan beda-beda. Kemarin pertama di 2022 tepatnya Februari dapat perak,” ucapnya, Kamis (10/3).

Lebih spesifik, Aulia torehkan prestasi untuk cabang olimpiade bahasa inggris, literasi dan numerasi. Guru muda ini terus memberikan teladan bagi guru dan siswa untuk semangat meraih prestasi. Di tahun 2021, ia juga berhasil menyumbangkan medali pada olimpiade yang sama. “Sebelum saya mengajak untuk lomba mendapatkan prestasi saya harus lebih dulu memberi contoh. Harapan ke depan siswa bisa mengikuti dan memiliki mental juara,” terangnya.

Dalam waktu dekat, guru bahasa arab tersebut akan menjalani lomba sama tentang sains. Beruntung, kata Aulia, di masa pandemi Covid-19 kegiatan lomba digelar secara daring pada akhir pekan, sehingga tidak mengganggu jam mengajar di sekolah. “Insyaallah minggu ini saya akan ikut lomba. Enaknya tuh bukan di hari aktif sekolah. Bisa menyiapkan dengan matang,” lanjutnya.

Aulia menambahkan, mengikuti lomba merupakan cara efektif untuk mengasah pikiran dan mempertajam materi pembelajaran yang diampu selama di kelas. Selain itu, lomba menjadi modal dirinya untuk terbiasa menghadapi tes CPNS. “Karena saya seorang guru untuk membiasakan diri berlatih. Sertifikat atau kemampuan berbahasa itu juga punya poin tersendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MTs Negeri 8 Kebumen Muhiban mengapresiasi atas prestasi yang diraih Aulia. Capaian tersebut diharapkan menjadi pemantik semangat siswa dan guru lain untuk ikut berprestasi sehingga membawa nama baik sekolah. “Selamat dan terima kasih atas prestasi ini. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi peserta didik dan guru lain,” tuturnya. (fid/pra)

Lainnya