Satu Ruko Hanyut Terseret Banjir

Satu Ruko Hanyut Terseret Banjir
MENGAIS SISA: Warga mencari sisa barang yang bisa diselamatkan di atas puing-puing bangunan ruko yang hancur terseret amukan banjir bandang.

KEBUMEN, Radar Kebumen- Banjir bandang terjadi usai hujan lebat mengguyur wilayah utara Kebumen pada Rabu (16/3). Akibatnya, sebuah ruko di Desa Wonosari, Sadang hancur lebur diterjang arus banjir.

Peristiwa yang membuat gempar warga setempat itu terjadi sekitar pukul 18.30. Lokasi ruko berada berada persis di pinggir daerah aliran sungai (DAS) Sungai Lukulo. Tepatnya di seberang Jembatan Kedunglegok, Desa Wonosari, Sadang. Saat kejadian, kondisi air sudah melebihi ambang batas daya tampung sungai. “Saya kebetulan tidak di rumah ada yang ngabari ruko ambruk. Ya sekitar habis maghrib itu,” jelas pemilik ruko Nur Agus Hikmawan, Kamis (17/3).

Pemilik ruko mengaku tidak sempat menyelamatkan barang-barang, karena saat kejadian tidak berada di rumah sementara banjir datang tiba-tiba. Kini, ia harus rela menyaksikan tempat usahanya tersapu banjir. Ruko sebagai tempat berjualan alat tulis kantor itu kini rata dengan tanah dan tinggal menyisakan puing bangunan. “Sore itu tidak ada tanda mau ambruk. Tapi memang arus deras banget. Sekarang tinggal cari barang yang masih layak,” tuturnya

Tidak ada korban jiwa atas kejadian di ruko itu. Namun diperkirakan kerugian materil mencapai ratusan juta. “Belum dihitung berapa sih. Tapi berkisar Rp 500 juta, karena di bawah ruko itu kan gudang sembako. Ada juga mesin foto copy rusak dan barang toko,” terangnya.

Sementara, warga lain Kholid menyampaikan, derasnya arus banjir pada petang itu sempat menimbulkan kepanikan warga setempat. Belum lagi banjir datang disertai suara gemuruh petir. Air banjir kiriman dari hulu itu juga membawa material yang mudah hanyut. Sehingga pemukiman sepanjang pinggir Sungai Lukulo tampak kotor. “Air masuk rumah saya, pokoknya begitu air datang kaget. Datang cepat surutnya juga cepat. Sampai kandang ikut kambing roboh,” jelasnya.

Selain peristiwa ruko, beberapa titik lokasi di wilayah Sadang juga mengalami longsor. Sejumlah infrastruktur seperti jalan dan jembatan sebagian dilaporkan mengalami kerusakan akibat derasnya arus banjir. (fid/pra)

Lainnya