Magelang 10K, Cara Pelari Nikmati Suasana Kota Magelang

Magelang 10K, Cara Pelari Nikmati Suasana Kota Magelang
PERLOMBAAN LARI: Penitia tengah me-launching medali finisher bagi pelari yang pertama kali mencapai garis finish pada ajang Magelang 10K.

MAGELANG, Radar Purworejo – Ajang perlombaan lari yang diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang 10K powered by TKL Ecopark menjadi angin segar bagi para pelari. Perlombaan ini bakal digelar pada 18 September 2022 mendatang.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengapresiasi penyelenggaraan lomba lari Magelang 10K ini. Aziz menambahkan, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mengajak warga Kota Magelang dan sekitaranya dalam berolahraga agar sehat. Tentunya sesuai visi Kota Magelang, yakni Maju, Sehat, dan Bahagia.

Menurutnya, Magelang hanyalah sebuah kota kecil. Dengan sport tourism ini, dia juga berharap, kondisi perekonomian di Kota Magelang akan semakin meningkat. “Dengan datangnya tamu di luar Kota Magelang diharapkan nanti dapat mendorong perekonomian warga,” ujarnya usai me-launching kegiatan di Alun-Alun Kota Magelang, Minggu (29/5).

Selain itu, kata dia, setelah dua tahun dikungkung pandemi, perlu adanya suatu event yang saling berkolaborasi antara wisata dan olahraga. Satu diantaranya kegiatan perlombaan lari Magelang 10k ini. Tidak hanya tahun ini saja, dia berharap, kegiatan ini dapat menjadi program tahunan.

Ketua panitia lomba lari Magelang 10K sekaligus Dirut TKL Ecopark Arif Taat Ujiyanto mengatakan, target perlombaan lari Magelang 10K ini yakni 5.000 peserta. Para peserta juga diajak menikmati TKL Ecopark. Agar para runner tidak bosan. “Sebagian besar, yang kami targetkan bukan atlet, tapi masyarakat yang ingin berwisata sambil berolahraga,” paparnya.

Sementara itu, Race Director Ronny Yuliananto Kurniawan menjelaskan, ada dua kategori dalam perlombaan Magelang 10K, yakni 10 kilometer dan 5 kilometer. Kemudian, masing-masing dibagi menjadi dua kelas, yaitu open dengan peserta sampai usia 45 tahun dan master di atas 45 tahun.

 Dia menyebut, perlombaan lari Magelang 10K akan dimulai dan garis finish di TKL Ecopark. Kemudian untuk rute-nya dari TKL Ecopark melewati Alun-Alun Kota Magelang, Taman Badakan, Jalan A. Yani, Pasar Rejowinangun, RSUD Tidar, dan berakhir di TKL Ecopark.

 Perlombaan ini, memang tidak didesain secara virtual, namun secara langsung. Para panitia hendak mengakomodir pelari.  “Ini kesempatan untuk menggelar offline. Nantinya, kami juga akan mengundang beberapa pelari elit Indonesia seperti Agus Prayogo,” imbuhnya.

Fandy, 20, seorang anggota Solo Runners Jogja kerap mengikuti kegiatan lomba lari seperti ini. Dia mengaku senang dan tertarik mengikuti event tersebut lantaran dapat menyalurkan hobinya. “Ini sudah ketujuh kali saya ikut lomba lari. Senang bisa ikut lagi,” ujarnya. (aya/pra/er)

Lainnya