Perda Tak Ditindaklanjuti dengan Perbup

Perda Tak Ditindaklanjuti dengan Perbup
CARI SOLUSI: Anggota DPRD Purworejo Hendricus Karel saat berdiskusi dengan salah satu anggota Komda Lansia Kabupaten Purworejo beberapa waktu lalu.

PURWOREJO, Radar Purworejo – Kegiatan peningkatan kesejahteraan bagi lansia di Kabupaten Purworejo terhambat. Dana menjadi salah satu persoalan terkait hal itu. Faktor lain karena keseriusan pemkab dalam menindaklanjuti amanat peraturan daerah (perda).

Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Hendricus Karel menyebutkan, Perda Nomor 6 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia, sebenarnya sudah mengatur soal Penyelenggaraan Kesejahteraan Lansia. Namun, perda tersebut hingga saat ini belum juga ditindaklanjuti menjadi peraturan bupati (perbub). “Perdanya sudah ada, cuma kendalanya Perbubnya belum dibuat. Nanti akan kami sampaikan terkait Perbub tersebut dan akan kami koordinasikan Bapemperda (badan pembentukan peraturan daerah). Sebab, evaluasinya ada di sana, perda yang belum ditindaklanjuti dengan Perbub nanti akan dievaluasi,” ujarnya, kemarin (29/5).

Sementara itu, Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Purworejo berharap Pemkab Purworejo dapat segera merespons hal tersebut. Menurut dia, organisasi Komda Lansia di Kabupaten Purworejo telah dibentuk hingga tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan. Persoalan utamnaya belum ada anggaran. “Namun, beberapa kegiatan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan bagi lansia belum berjalan secara maksimal,” ujar Sekertaris Komda Lansia Purworejo Tri Budiyono.

Disebutkan, salah satu penyebabnya karena adanya pandemi. Dia mengaku, sudah menyampaikan aspirasi kepada dewan dan dinas terkait akan hal itu. Kegiatan yang dilakukan, lanjut dia, di antaranya, pembinaan lansia, pemberdayaan lansia, pemeriksaan kesehatan dini, motivasi, hingga kegiatan untuk menjaga kebugaran lansia. Pemberdayaannya sendiri seperti membentuk grup seni lansia. “Bisa karawitan, tembang kenangan, bisa juga membentuk grup senam lansia,” paparnya.

 Semua kegiatan tersebut tentu membutuhkan anggaran yang relatif besar. Dia berharap akan ada bantuan dari pemda sehingga kegiatan-kegiatan tersebut dapat terealisasi secara maksimal dan menjangkau setiap wilayah di Purworejo. (han/pra/er)

Lainnya