Silpa Naik Jadi Rp 284 Miliar

Silpa Naik Jadi Rp 284 Miliar
UNTUK DIBAHAS: Bupati Purworejo serahkan pertanggungjawaban APBD 2021 kepada DPRD Purworejo Senin (13/6) di Ruang Arahiwang Setda Purworejo. (ISTIMEWA)

RADAR PURWOREJO – Penyerapan anggaran di Purworejo dikritisi. Karena dalam Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Purworejo 2021 tercatat ada kenaikan sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa). Menjadi Rp 284 Miliar.

Raperda tersebut diserahkan Bupati Purworejo Agus Bastian kepada DPRD Purworejo, Senin (13/6). Seperti diketahui, raperda tersebut memberikan gambaran secara umum terkait realisasi pendapatan, belanja, dan pembiayaan hingga pencapaian kinerja keuangan daerah. Yakni, dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang direncanakan pada anggaran 2021.

Agus Bastian menyebutkan, realisasi pendapatan Kabupaten Purworejo di 2021 mencapai Rp 2,2 triliun lebih dengan capaian 105,69 persen dari target anggaran pendapatan. “Sedang, untuk realisasi belanja daerah sebesar Rp 1,6 triliun lebih atau tercapai 91,36 persen dari target yang dianggarkan,” ujarnya.

Dikatakan, berdasarkan laporan perubahan saldo anggaran lebih untuk tahun yang berakhir di 31 Desember 2021 lalu terdapat saldo anggaran lebih akhir atau silpa)sebesar Rp 284 miliar lebih. Jumlah tersebut naik jika dibanding saldo anggaran lebih awal sebesar Rp 148 miliar lebih. “Untuk laporan perubahan ekuitas atau gambaran kekayaan bersih pemerintah daerah periode yang berakhir 31 Desember 2021 yaitu Rp 3,2 triliun lebih,” sebut Bastian.

Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Purworejo Tahun Anggaran 2021 tersebut disampaikan kepada pemandangan umum fraksi, untuk kemudian masih akan dibahas lebih lanjut oleh DPRD Purworejo.”Fraksi-fraksi DPRD Purworejo dapat menerima Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Purworejo ini untuk dibahas lebih lanjut dalam forum rapat-rapat DPRD berikutnya,” ungkap juru bicara gabungan fraksi, DPRD Purworejo Muhammad Fakhruddin. (han/pra)

Lainnya