Gratis Hanya saat Salawatan

Gratis Hanya saat Salawatan
PERSIAPAN : Sejumlah persiapan Kebumen International Expo (KIE) sudah dilakukan sebelum pembukaan digelar pada hari ini Sabtu (25/6).

KEBUMEN, Radar Kebumen – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto akhirnya memberlakukan tiket masuk gelaran Kebumen International Expo (KIE) secara gratis. Langkah ini diambil setelah sejumlah masyarakat merasa keberatan dengan mahalnya harga tiket sebesar Rp 25 ribu.

Arif mengatakan, pemberlakuan tiket masuk gratis tidak untuk semua agenda kegiatan. Melainkan hanya khusus untuk rangkaian kegiatan salawat bersama Gus Azmi dari Probolinggo. Kebijakan tersebut diambil melalui berbagai pertimbangan setelah dilakukan koordinasi dengan penyelenggara atau event organizer (EO). “Berdasarkan masukan dan pertimbangan masyarakat untuk acara salawatan saya minta digratiskan. Alhamdulillah besok gratis,” ujarnya, Kamis (24/6).

Salawat bersama Gus Azmi dijadwalkan tampil pada Kamis malam (30/6). Bersamaan di hari itu pemberlakuan tiket masuk berbayar akan dimulai pukul 13.00-18.00 atau saat penampilan artis Malaysia Amy Search.

Diberitakan sebelumnya, sebagian warga Kebumen menilai penerapan tiket Rp 25 ribu untuk masuk ke KIE kemahalan. Salah seorang warga Cahyani, 54, mengaku cukup keberatan untuk merogoh kocek harga tiket masuk yang sudah ditentukan. Dia meminta pihak penyelenggara mempertimbangkan kembali dengan melihat kondisi ekonomi masyarakat Kebumen.

Bila perlu, kata dia, tiket masuk KIE gratis untuk masyarakat. Dengan begitu gelaran KIE bisa dinikmati masyarakat dari berbagai kalangan. Artinya tidak hanya dinikmati masyarakat dengan ekonomi mapan. “Mungkin kalau pegawai harga segitu enteng ya. Saya ya lumayan keberatan,” ujar Cahyani.

Hal senada juga disampaikan warga lain, Seftiayunisa, 28 tahun. Ia menilai saat ini masih banyak ekonomi masyarakat belum pulih akibat pandemi Covid-19 sehingga penyelenggara mestinya memahami kesulitan tersebut. Dilain sisi ia menilai mahalnya tiket masuk dikhawatirkan akan mengurangi minat kunjungan masyarakat. “Kalau gratis pengunjung bisa membludak. Tidak tahu kalau bayar mungkin banyak yang mikir,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kebumen Budhi Suwanto menambahkan, sejumlah persiapan sudah menunjukkan progres positif. Mulai dari kesiapan stan, panggung utama serta perangkat pendukung lain. Dia memastikan, seluruh persiapan akan rampung pada Jumat sore (24/6). Sebab berselang sehari atau hari ini akan dilaksanakan pembukaan yang bakal dihadiri sejumlah menteri, gubernur hingga para bupati kabupaten tetangga. “Tim semua sedang bekerja dan kita liat stan sudah berdiri, panggung utama juga sudah berdiri,” ucapnya, saat memantau persiapan.

Hari pertama, lanjut Budhi, tiket masuk KIE akan dibatasi sebanyak 5.000 pengunjung baik yang pesan online maupun offline. Sedangkan khusus konser penampilan Iwan Fals dan Rhoma Irama penjualan tiket juga bakal dibatasi demi keamanan dan kenyamanan pengunjung. “Pengunjungnya dua artis itu dibatasi hanya 20 ribu, kalau sudah melebihi kapasitas, maka tidak bisa dilakukan pemesanan tiket,” tuturnya. (fid/pra/er)

Lainnya