Jumlah Pemilih Perempuan Lebih Banyak, KPU Purworejo Tetapkan DPT Pemilu 2024

Jumlah Pemilih Perempuan Lebih Banyak, KPU Purworejo Tetapkan DPT Pemilu 2024
KEPUTUSAN: KPU Purworejo menetapkan DPT dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT di Gedung Ganeca Convention Hall pada Rabu (21/6/23) malam.JIHAN ARON VAHERA/RADAR PURWOREJO

RADAR PURWOREJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purworejo telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 mendatang. Jumlah pemilih perempuan lebih banyak dibandingkan pemilih laki-laki.
Ketua KPU Purworejo Dulrokhim menyebutkan, jumlah DPT Kabupaten Purworejo sebanyak 616.206. Rinciannya, jumlah pemilih perempuan sebanyak 310.041 dan pemilih laki-laki 305.962 orang.

Jumlah DPT tersebut berkurang sebanyak 2.447 orang dibandingkan dengan jumlah pada penetapan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) beberapa waktu lalu sebanyak 618.041 orang. Hal itu disebabkan karena calon pemilih tidak memenuhi syarat, ada yang meninggal, pindah domisili, terdaftar sebagai anggota TNI atau Polri. “Sementara, untuk jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 2.995 yang tersebar di 494 kelurahan dan desa,’’ katanya.

Setelah DPT ditetapkan dan diumumkan, KPU Purworejo akan membuka kesempatan untuk orang yang pindah memilih melalui daftar pemilih tambahan (DPTb). Masyarakat yang akan pindah TPS diperbolehkan tetapi dengan syarat ada tugas belajar, bekerja, menjadi tahanan, menjalani rehabilitasi, sakit, hingga pindah domisili.

Anggota Bawaslu Purworejo Anik Ratnawati menyampaikan, jumlah pemilih perempuan lebih banyak tersebut juga terjadi pada daftar pemilih pemilu pada pemilihan sebelumnya. Dia berharap, nantinya tak hanya jumlah pemilihnya saja yang banyak perempuan, tetapi wakil-wakil rakyatnya juga.”Semoga penyelenggaraan pemilu perempuannya banyak dan kaum perempuan yang terpilih menjadi wakil rakyat juga semakin bertambah,” harap Anik. (han/din/sat)

Lainnya