Pelamar PPPK Purworejo Paling Banyak Tes di Semarang

Pelamar PPPK Purworejo Paling Banyak Tes di Semarang
Ratusan PPPK Kabupaten Purworejo formasi 2022 dapatkan SK pengangkatan pada Senin (3/7).

PURWOREJO – Usai masa sanggah, hanya 3.205 pelamar yang lolos seleksi administrasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Kabupaten Purworejo. Tahapan selanjutnya adalah uji kompetensi, peserta tes harus persiapkan diri.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purworejo Fithri Edhi Nugroho menyampaikan, seleksi administrasi berlangsung dari 9 November – 4 Desember 2023 mendatang. “Untuk pelamar di Kabupaten Purworejo ada 30 lokasi tes,” ujarnya Senin (13/11).

Lokasi tersebut tersebar di wilayah Jogjakarta, Purworejo, Jakarta, Semarang, Lampung, hingga Kota Ambon. “Pelamar yang paling banyak ada di Semarang ada dua sesi dan wilayah Kanreg BKN 1 Jogjakarta sampai tiga sesi.

Fithri berpesan kepada para pelamar harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi tes. Sebab, akan ada banyak soal yang akan dihadapi. “Paling penting adalah mempersiapkan mental,” ungkap dia.

Diungkapkan, seluruh kegiatan tes akan dilaksanakan dengan computer assisted test (CAT). Adapun materi tes yang akan dihadapi yaitu terkait kompetisi teknis bagi pelamar tenaga tekni, kompetisi tenaga kesehatan bagi pelamar guru, kompetisi kesehatan bagi nakes, hingga wawancara.

Diketahui, 3.205 pelamar tersebut akan memperebutkan 1.563 formasi PPPK di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo. Dengan rincian, 776 formasi nakes, 708 formasi guru, dan 83 formasi teknis. “Total pendaftar ada 3.837 orang, tetapi setelah masa sanggah hanya 3.205 yang lolos,” sebut Fithri.

Sementara, berkas pelamar yang lain tidak memenuhi syarat seperti berkas tidak terbaca, tidak lengkap, hingga tidak sesuai dengan kualifikasi. Mengingat, pelamar PPPK dituntut untuk linier dengan pengalaman kerja pelamar. “Semoga Pemkab Purworejo mendapatkan calon terbaik untuk mengisi formasi yang telah disediakan,” katanya. (han)

Lainnya