Inisiasi Kampung Ramadan, Angkat Potensi dan Berbagi

Inisiasi Kampung Ramadan, Angkat Potensi dan Berbagi
BERBAGI: Anggota Forum UMKM Kecamatan Purworejo saat aksi bagi-bagi takjil di perempatan Pasar Mati, Cangkrep Lor Kecamatan/Kabupaten Purworejo, kemarin. (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Forum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Joyo Mulyo Purworejo sukses menggelar Pasar Ramadan untuk mendongkrak pemasaran produk. Selain itu, forum ini juga terbilang kreatif dan jeli mengemas kegiatan promosi dan berbagi.

Sore itu, perempatan Pasar Mati di Kelurahan Cangkrep Lor, Kecamatan Purworejo, terlihat ramai. Antrean panjang kendaraan tampak mengular.
Perhatian para pengguna jalan tersita pergerakan anggota Forum UMKM Joyo Mulyo dan mahasiswa STIE Rajawali. Mereka membagikan paket takjil untuk buka puasa dan produk UMKM warga setempat.

Mereka menyebar di beberapa titik perempatan. Mereka menawarkan dan mengulurkan paket yang dikemas rapi dalam boks dan kantong plastik. “Aksi kali ini kami bagikan 160 paket sembako dan sejumlah produk UMKM di Kecamatan Purworejo. Target kami abang becak dan pengguna jalan yang melintas di perempatan,” Ketua Forum UMKM Joyo Mulyo Purworejo Agung Riyawan, 38, kemarin (25/4).

Dijelaskan, saat ini Forum UMKM Joyo Mulyo Purworejo memiliki 70 anggota aktif. Mereka menginisiasi berdirinya Kampung Ramadan di Kelurahan Tambakrejo. Mereka melakukan kegiatan amal atau berbagi.

Pelaku UMKM Joyo Mulyo mayoritas bergerak di usaha kuliner. Hanya beberapa yang menggeluti usaha kerajinan tangan dan batik.

Selama Ramadan, semua produk UMKM dijajakan di Kampung Ramadan. Pengunjung bisa belanja produk UMKM Kecamatan Purworejo di lokasi tersebut.

“Kalau harapan ke depan, upaya dan usaha kami bisa terus berkembang. Mendapat dukungan pemerintah daerah untuk pengembangan usaha secara merata sesuai klaster sehingga semua bisa merasakan. Khususnya, mereka yang baru merintis perlu uluran tangan pemerintah,” jelasnya.

Rangkaian kegiatan di Kampung Ramadan Joyo Mulyo masih cukup banyak. Selain belanja dengan kupon berhadiah dua ekor kambing dan aksi berbagi takjil, dalam waktu dekat panitia akan menggelar lomba mewarnai di Kampung Ramadan. “Kami juga sudah diajak bekerja sama dengan komunitas RAPI Purworejo untuk menyemarakkan Kampung Ramadan,” katanya.

Ketua RT 02 RW 12 Kelurahan Tambakrejo Sugeng Waluyo mengapresiasi ide kreatif anggota Forum UMKM Joyo Mulyo Kecamatan Purworejo. Kegiatan ini terbilang cukup sukses.

“Saya sangat senang sekali dan mendukung kreativitas teman-teman UMKM. Bisa mengenalkan aneka kuliner produksi sendiri yang secara langsung bisa mengangkat ekonomi masyarakat sekaligus memotivasi warga kami lainnya untuk bersama dengan teman-teman UMKM untuk memproduksi makanan yang bisa disajikan,” tegasnya.

Sugeng mengungkapkan, mengingat masa pandemi Covid-19 maka protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 tetap harus diindahkan. “Kami tetap mengutamakan prokes. Berlaku untuk pelayanan dan pengunjung semua, transaksi juga dibatasi, secukupnya agar bisa bergantian,” ucapnya.

Dosen Program Studi Akuntansi STIE Rajawali Purworejo Rusmiatun mengungkapkan, STIE Rajawali senang bisa berkolaborasi dengan Forum UMKM Kecamatan Purworejo atau UMKM Joyo Mulyo dalam aksi bagi-bagi takjil gratis kepada tukang becak dan pengguna jalan. “Kegiatan ini bisa dikatakan accidental di bulan Ramadan. Sebetulnya, setiap tahun kami juga mengadakan kegiatan serupa. Kali ini kami ajak anak-anak Badan Eksekutif Mahasiswa STIE Rajawali untuk ikut terjun langsung ke masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, total ada 25 mahasiswa yang diterjunkan. Mereka disebar di tiga kecamatan. Khusus kegiatan bersama Forum UMKM Joyo Mulyo, ada delapan mahasiswa yang diterjunkan.

“Besar harapan kami mahasiswa setelah terjun langsung ke masyarakat bisa tahu bagaimana cara mengelola dana masyarakat untuk kembalikan ke masyarakat. Menjadi pribadi yang lebih solid, mampu bekerja sama dalam tim, dan berguna bagi sesama,” ujarnya. (tom/amd)

Lainnya