Kota Magelang Raih Nirwasita Tantra 2022

Kota Magelang Raih Nirwasita Tantra 2022
PRESTASI: Wali Kota Magelang saat menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2022 di Gedung Manggala Wanabakti kantor KLHK, Jakarta, Selasa (29/8/23).Prokompim Kota Magelang

RADAR PURWOREJO – Kota Magelang kembali menuai prestasi di bidang lingkungan hidup di penghujung Agustus ini. Kota Magelang menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2022 Kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Penghargaan diserahkan di Gedung Manggala Wanabakti Kantor KLHK, Jakarta, Selasa (29/8/23).

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menjelaskan, Nirwasita Tantra 2022 merupakan penghargaan yang diberikan atas pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik di Kota Magelang. Harapannya, dapat memotivasi warga maupun pemkot agar selalu menjaga lingkungan.”Ke depan, kita harus lebih baik lagi. Kita bersama menjaga kolaborasi untuk menjaga lingkungan hidup di Kota Magelang,” ujar Aziz.

Baca Juga: Hati-Hati, Sebulan 12 Kali Kebakaran di Kota Magelang

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang M Yunus menambahkan, Pemkot Magelang sudah mendapatkan tiga kali penghargaan tersebut. Prestasi ini merupakan komitmen pimpinan beserta jajarannya, baik eksekutif maupun legislatif dalam pengelolaan lingkungan hidup. Meskipun diakuinya persoalan sampah di wilayahnya masih perlu diatasi.

Menurutnya, poin yang perlu ditingkatkan di Kota Magelang adalah lahirnya inovasi-inovasi. Utamanya terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup. “Termasuk peningkatan persentase anggaran di bidang pengelolaan lingkungan hidup atau komitmen dalam penganggaran,” terangnya.

Sekretaris Jenderal KLHK RI Bambang Hendroyono memaparkan, Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada kepala daerah maupun pimpinan DPRD. Yakni daerah yang telah berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan serta program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Kota Magelang Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2022

Utamanya untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. Bambang menyebut, salah satu faktor kunci untuk memenuhi hak dan kewajiban dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah tersedianya data dan informasi lingkungan bagi seluruh pihak.

Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 didasarkan pada penilaian Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang disusun pada tahun 2022. “Oleh karena itu, penyusunan DIKPLHD menjadi bagian dari pijakan untuk pelaksanaan dan pengembangan pengelolaan lingkungan hidup,” paparnya.

DIKPLHD sebagai acuan media data dan informasi untuk memotret kondisi lingkungan (state), permasalahan utama (pressure) yang dapat dimanfaatkan untuk menentukan kebijakan dan atau program prioritas (response) Daerah dalam mengelola lingkungan hidup. (aya/din)

Lainnya