Proyek Pembelajaran Dituangkan dalam Pagelaran

Proyek Pembelajaran Dituangkan dalam Pagelaran
KEAHLIAN: Siswa kelas X dan XI SMK Negeri 1 Kebumen unjuk kebolehan di bidang seni pada pagelaran proyek pembelajaran selama di kelas. (Istimewa)

RADAR KEBUMEN – Siswa SMK Negeri 1 Kebumen tampak piawai menuangkan karya seni dan budaya dari hasil rangkaian proyek pembelajaran. Hasil karya tersebut ditampilkan dalam sebuah pagelaran untuk mengisi waktu menjelang kenaikan kelas.

Wakil Kepala Bagian Kurikulum SMK Negeri 1 Kebumen Muryati mengatakan, selama empat hari. Mulai 30 Mei- 3 Juli 2022 para siswa diberi keleluasaan untuk menampilkan minat dan bakat. Mereka juga dituntut untuk menentukan konsep hingga mengakomodir berjalannya kegiatan. “Termasuk bagian merdeka belajar. Siswa kelas X dan XI yang tampil sekarang bisa punya sebuah proyek pembelajaran,” katanya, kemarin (1/6).

Lebih lanjut, dalam kegiatan itu guru sifatnya hanya mendampingi dan mengarahkan agar bisa berjalan optimal. Selebihnya seluruh aspek kegiatan dikelola oleh siswa dengan tugas masing-masing. “Semuanya dikelola siswa dengan pendampingan guru seni budaya, guru PKK dan guru kejuruan,” tuturnya.

Pada pagelaran itu, kata Muryati, dimeriahkan oleh penampilan teater disertai dengan tarian khas daerah. Mereka adalah siswa dari kelas X program keahlian akuntansi dan lembaga keuangan (AKL), manajemen perkantoran dan layanan bisnis (MPLB) dan pemasaran, pengembangan perangkat lunak (PPLG) serta desain komunikasi visual (DKV). “Cukup banyak menyita atensi pengunjung karena ada penampilan seni ande-ande lumut, asal-usul irian jaya dan batu betangkup,” sebutnya.

Sedangkan untuk kelas XI semua program keahlian unjuk kebolehan melalui pameran prakarya dan kewirausahaan mata pelajaran kejuruan. Ada juga pameran fotografi sekaligus bazar dan stand hingga pameran di bidang teknologi berupa aplikasi pengamanan kendaraan melalui handphone.

“Mengasah bakat siswa dengan minat yang mereka senangi itu opsi yang bagus untuk dikembangkan. Tentu diiringi dukungan dan semangat besar,” jelasnya.

Sementara, salah satu siswa Muhammad Faisal mengaku, selain sebagai ajang mengasah minat dan bakat, dari pagelaran yang digelar itu dia belajar memiliki rasa tanggung jawab dan percaya diri. “Sangat bermanfaat ya, bisa untuk ruang berekspresi yang selama ini mungkin malu jadi bisa lepas,” ucapnya. (fid/pra)

Lainnya