Cek Kelengkapan, Polisi Pakai ETLE

Cek Kelengkapan, Polisi Pakai ETLE
KAMERA PENGAWAS: Petugas Satlantas Polres Kebumen memantau aktivitas lalu lintas di sejumlah jalan arteri di Kebumen. (Istimewa)

RADAR KEBUMEN – Operasi Patuh Candi (OPC) 2022 Polres Kebumen memasuki hari ketiga. Selama itu polisi sudah memberikan tindakan terhadap 433 pelanggar lalu lintas, 377 di antaranya dikenakan sanksi tilang dan selebihnya teguran.

Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono mengatakan, selama OPC pihaknya melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat. Salah satunya melakukan kegiatan simpatik agar pesan keamanan, keselamatan, ketertiban, berlalu-lintas sampai kepada pengendara. “Petugas kami di lapangan sudah melakukan penindakan kepada para pelanggar. Tentu dengan cara yang humanis,” kata AKP Tejo Suwono, Kamis (16/6).

Polres Kebumen mengimbau kepada masyarakat terutama pengendara bermotor untuk selalu patuh dan tertib lalu lintas. Terlebih saat ini pemantauan terhadap pelanggar lalu lintas sudah berbasis teknologi kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Untuk itu ketertiban harus menjadi kebiasaan masyarakat sehari-hari. “Cek kembali kelaikan kendaraan sebelum bepergian selain kelengkapan surat kendaraan,” ucapnya.

AKP Tejo Suwono menjelaskan, jika melakukan pelanggaran dan tertangkap kamera ETLE mobile maupun kamera ETLE statis, pelanggar tidak dihentikan namun akan diberi surat konfirmasi pemberitahuan yang dikirimkan melalui kantor pos. “Banyak kamera pengawas standby yang senantiasa mengawasi para pengguna jalan agar selalu patuh aturan,” terangnya.

Kasubsi Penmas Polres Kebumen Aiptu Catur Nugraha menambahkan, inti keberhasilan OPC adalah meningkatnya kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas. Selama pelaksanaan OPC pihaknya mengajak masyarakat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Atas hal tersebut diharapkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas bisa menurun. “Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, mengajak seluruh masyarakat untuk selalu patuh dan tertib berlalu-lintas,” jelasnya. (fid/pra)

Lainnya