Pasokan Pupuk Jelang Masa Tanam Aman

Pasokan Pupuk Jelang Masa Tanam Aman
Kabid Sarana dan Prasarana Pertanian Distapang Kebumen Fajar Rahmanto

KEBUMEN, Radar Kebumen – Menjelang masa tanam, ketersediaan pupuk jenis subsidi aman. Sejauh ini stok yang tersedia dianggap mampu untuk mencukupi kebutuhan pupuk petani.
Kabid Sarana dan Prasarana Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kebumen Fajar Rahmanto menyampaikan, alokasi pupuk aman sebelum masa tanam tiba pada Oktober-Desember. Karenanya, para petani diharapkan tidak perlu khawatir tentang pasokan pupuk bersubsidi. “Persiapan musim tanam tidak ada kendala terkait ketersedian pupuk. Di awal musim tanam kami pastikan bisa dijangkau petani,” katanya Selasa (18/10).
Fajar menyebut, penyaluran pupuk subsidi di Kebumen mulai Januari-September sebanyak 12.440 ton untuk jenis urea. Sedangkan pada periode sama jenis NPK, sudah terserap 9.740 ton. Sementara di sisa akhir tahun ini, persediaan pupuk masih separo lebih dari keterserapan pada sembilan bulan tersebut. “Urea ada alokasi sekitar 8.200 ton lebih. Terus NPK ada 5.800 ton. Diakumulasi stok masih separo dari yang sekarang terserap,” bebernya.
Sebelum memasuki awal tahun, kata Fajar, Distapang Kebumen akan mengajukan penambahan alokasi pupuk bersubsidi. Dari ketersediaan pupuk ini, diharapkan mampu menjaga ketahanan pangan daerah. “Kalau melihat tahun kemarin mencukupi. Nanti bisa mengajukan berdasarkan usulan dari distributor,” ungkapnya.
Terpisah, Kabid Pengembangan Perdagangan Disperindag KUKM Kebumen Satiya Birowo menegaskan, bagi distributor maupun kios resmi untuk melakukan penyaluran pupuk bersubsidi sesuai ketentuan. Dinasnya selaku pengawas teknis distribusi pupuk bersubsidi, tidak segan melakukan penindakan apabila terbukti melakukan penyelewengan. “Dari mulai distributor kemudian ke kios pupuk lengkap (KPL) kami awasi betul. Misal ada aduan pupuk langka, langsung kami ke lapangan cari tahu masalahnya,” tandasnya. (fid/eno)

Lainnya