Dua Jabatan Kepala Dinas Terisi

Dua Jabatan Kepala Dinas Terisi
SELAMAT: Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberi selamat kepada para pejabat yang baru dilantik, Kamis (27/10).

KEBUMEN, Radar Kebumen – Bupati Kebumen kembali menata struktur pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab) Kebumen. Kali ini ada dua pejabat eselon II yang mengisi jabatan baru sebagai kepala dinas.
Masing-masing Teguh Yuliono sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang). Posisi Teguh naik satu tingkat dari sebelumnya usai menjabat sebagai sekretaris pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Kursi Kepala Distapang sebelumnya sempat kosong cukup lama lantaran Pudji Rahadju selaku kepala dinas memasuki masa pensiun.
Kemudian, ada Iwan Danardono yang menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB). Sosok Iwan bukan orang baru di dunia kesehatan Kebumen. Ia sempat ditunjuk sebagai Plt Dinkes PPKB usai menjadi direktur RSUD Prembun. Selain dua kepala dinas, Bupati juga melantik Ida Indrayani Achmal sebagai Sekretaris Disdikpora. Ida merupakan pejabat eselon III yang sebelumnya menjabat Camat Pejagoan.
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meminta, kepada pejabat dilantik untuk terus membangun komitmen dalam bekerja dengan melakukan evaluasi secara berkala serta menciptakan terobosan baru. Menurutnya, sebuah komitmen sangat penting dalam mengukur capaian kinerja. Masih banyak persoalan yang perlu segera ditangani masing-masing kepala dinas baru. Seperti di sektor kesehatan ada permasalahan stunting, jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin hingga penanganan penyakit menular. “Harus ada langkah-langkah yang taktis dan strategis agar penyakit bisa tertangani,” ucapnya, Kamis (27/10).
Selain itu, Arif meminta layanan kesehatan masyarakat agar terus ditingkatkan. Baik dari sisi kualitas jam kerja termasuk layanan kesehatan ketika terjadi bencana. “Jangan sampai saya mendengar apalagi melihat ketika terjadi bencana tidak ada pelayanan kesehatan di sana,” bebernya.
Terpisah, Kepala Distapang Kebumen Teguh Yuliono mengatakan, jabatan baru yang diemban merupakan amanah sebagai ruang pengabdian kepada masyarakat. Saat ini pihaknya tengah bersiap untuk menghadapi pelaksanaan musim tanam para petani. “Ya tentu langsung kerja. Sekarang aja ikut dalam rangka memberikan dorongan masyarakat terkait ketahanan pangan,” kata Teguh saat menghadiri peresmian Lumbung Pangan di Desa Jatimulyo, Petanahan. (fid/pra/er)

Lainnya