Komitmen Purworejo Lebih Baik

Komitmen Purworejo Lebih Baik
AMANAH: Bupati Purworejo Agus Bastian menyerahkan surat keputusan akhir masa jabatannya kepada Pelaksana Harian Bupati Purworejo Said Romadhon saat serah terima jabatan di Ruang Arahiwang Kompleks Kantor Bupati Purworejo kemarin (17/2). (AGUNG/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Komitmen memimpin Kabupaten Purworejo lebih baik lagi pada masa jabatan periode kedua. Komitmen pula mewujudkan masyarakat lebih sejahtera dan wilayahnya memiliki infrastruktur yang baik dan maju.

Komitmen tersebut diungkapkan Bupati Purworejo Agus Bastian di akhir masa jabatan periode 2016-2021 dalam dalam tasyakuran Hari Pers Nasional beberapa waktu lalu. “Ini merupakan jawaban atas doa-doa. Saya kembali terpilih menjadi bupati di periode selanjutnya. Semoga ke depan dapat memimpin Purworejo dengan lebih baik lagi,” tegasnya.

Masa jabatan Agus Bastian dan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti berakhir Selasa kemarin (17/2). Mereka pun meninggalkan Pemkab Purworejo.

Namun, mereka akan kembali dilantik sebagai bupati dan wakil bupati usai unggul dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Purworejo 9 Desember 2020 lalu. Pelantikan untuk posisi yang sama untuk periode kedua yakni 2021-2024 tersebut menunggu keputusan KPU Purworejo.

Agus Bastian mengakui selama lima tahun kepemimpinannya banyak pihak telah berkontribusi dalam pembangunan daerah. Kontribusi tersebut menjadikan pembangunan yang telah diraih dan dibanggakan.

“Ini berkat kerja keras semua pihak. Termasuk pimpinan perangkat daerah, ASN, dan masyarakat Purworejo,” ujar dia.

Bastian berharap dapat melaksanakan program-program dengan lebih baik pada masa jabatan periode kedua. Dengan demikian, masyarakat Kabupaten Purworejo menjadi lebih sejahtera dan wilayahnya memiliki infrastruktur yang baik dan maju.

Dalam kesempatan tersebut, Bastian mengapresiasi kerja insan pers. Menurutnya, insan pers juga telah berkontribusi dalam pembangunan daerah.  Dia meminta meminta insan pers untuk terus kritis terhadap pemerintahan.

“Terima kasih kepada rekan pers telah membersamai kami selama lima tahun saya menjabat ini. Negara sangat membutuhkan kehadiran pers dengan perspektif yang jernih dan membangkitkan semangat positif yang mendorong produktivitas dan optimisme masyarakat,” papar dia. (han/amd)

Banyak Prestasi, Segera Bertemu Kembali

Bupati Purworejo Agus Bastian dan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti resmi mengakhiri tugas sebagai kepala daerah periode periode 2017-2021 kemarin (17/2). Posisi bupati yang lowong diisi pelaksana harian (Plh) hingga pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih dalam pilkada 9 Desember 2020 yang rencananya digelar akhir bulan ini.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Purworejo Said Romadhon untuk menjabat sebagai pelaksana tugas bupati.

Serah terima jabatan ditandai penandatanganan berita acara dan penyerahan surat keputusan serta buku memori oleh Bastian kepada Said di Ruang Arahiwang Kompleks Kantor Bupati Purworejo kemarin (17/2).

“Hari ini 17 Februari 2021, tepat lima tahun sudah saya dan Ibu Hajah Yuli Hastuti SH mengemban amanah sebagai bupati dan wakil bupati Purworejo periode 2016-2021. Kami harus menyerahkan kembali jabatan yang telah kami emban,” kata Bastian dalam sambutannya.

Bastian mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung dan bekerja sama secara sinergis dalam membangun Kabupaten Purworejo. Yakni, jajaran eksekutif, legilslatif, yudikatif, dan masyarakat.

Perjalanan waktu memimpin bersama Yuli, menurutnya, telah banyak memberikan banyak prestasi bagi Kabupaten Purworejo. Meski demikian, diakui masih ada kekurangan yang harus diperbaiki di masa depan.

”Kami memohon maaf apabila selama lima tahun ini melakukan kekhilafan, baik dalam tutur kata maupun tingkah laku yang tidak berkenan di hati,” ungkapnya.

Bastian berharap kepada Plh Bupati Purworejo Said Romadhon dapat mengisi kekosongan jabatan bupati dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, tidak terjadi kendala pada saat peralihan kepada bupati dan wakil bupati masa bhakti berikutnya.

“Pada kesempatan ini kami mohon diri kepada seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo. Namun, ini tidak akan menjadi pertemuan terakhir. Insyaallah kita akan segera bertemu lagi,” jelas Bastian. (udi/amd)

Purworejo Akan Terus Bersolek

Mendapat tugas tambahan sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Purworejo, Said Romadhon mengaku akan melaksanakan tugasnya sebaik-baiknya. Dia berharap mendapatkan dukungan dari seluruh perangkat daerah yang ada beserta jajarannya.

“Saya akan berusaha sebaik mungkin melaksanakan tugas sebagai Plh Bupati ini dalam masa transisi,” kata Sekda Purworejo Said Romadhon.

Menurutnya, informasi yang diperoleh pelantikan dan pengukuhan bupati dan wakil bupati Purworejo terpilih akan dilakukan dalam bulan ini. Dalam perkiraannya ada waktu seminggu sebelum waktu pelaksanaan pelantikan kembali Agus Bastian-Yuli Hastuti sebagai pemenang Pilkada Purworejo 2020.”Lebih cepat lebih baik,” imbuhnya.

Disampaikan selama pemerintahan Agus Bastian-Yuli Hastuti, Kabupaten Purworejo telah berhasil meraih berbagai prestasi dan capaian yang membanggakan selama lima tahun ini. Purworejo yang dahulu sering mendapat predikat sebagai kota pensiun telah mampu bertransformasi menjadi kota pelajar dan pariwisata yang terus bersolek diri menyambut dinamika wilayah.

“Secara khusus secara pribadi dan seluruh jajaran eksekutif di Kabupaten Purworejo, menyampaikan termakasih atas kepemimpinan dan dedikasi Agus Bastian dan Yuli Hastuti sebagai bupati dan wakil Bupati Purworejo,” ungkapnya.

Said mengatakan jika keberhasilan yang diraih Purworejo selama ini akan terus dilannjutkan di periode selanjutnya. Apalagi bupati-wakil Bupati yang terpilih merupakan incumbent yang telah memiliki program untuk melanjutkan yang sudah dilakukan.”Kami optimistis Kabupaten Purworejo akan semakin maju dan berkembang,” jelasnya. (udi/amd)

Lainnya