Masukan Publik Sempurnakan RPJMD

Masukan Publik Sempurnakan RPJMD
SINKRON: Suasana rapat paripurna DPRD Kabupaten Purworejo dengan agenda Penyampaian Rancangan Awal RPJMD Purworejo 2021-2026 di Gedung DPRD Kabupaten Purworejo Selasa (6/4). (PEMKAB PURWOREJO for radar purworejo)

RADAR PURWOREJO – Rancangan awal (ranwal) pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Purworejo 2021-2026 sudah di tangan DPRD Kabupaten Purworejo. Ranwal sudah disampaikan kepada dewan.

”Masukan maupun saran yang telah kami terima menjadi bahan penyempurnaan ranwal RPJMD Purworejo ke depan,” ujar Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Yuli Hastuti di ruang rapat paripurna DPRD Purworejo beragenda Penyampaian Rancangan Awal RPJMD Purworejo 2021-2026 di Gedung DPRD Kabupaten Purworejo Selasa (6/4).

Paripurna diikuti pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Purworejo. Tampak pula Sekretaris Daerah Purworejo Said Romadhon, kepala perangkat daerah, dan sejumlah pejabat terkait.

Tahapan penyusunan Ranwal RPJMD Kabupaten Purworejo 2021-2026 telah didahului konsultasi publik yang melibatkan semua unsur masyarakat. Ini dilakukan dalam rangka menjaring aspirasi, masukan, dan saran.

Yuli mengatakan, RPJMD Purworejo periode 2021-2026 merupakan tahun terakhir dari pelaksanaan RPJPD Kabupaten Purworejo 2005-2025. ”Tak dapat dipungkiri, kita telah dapat merasakan hasil pelaksanaan pembangunan lima tahun ke belakang. Dari hasil tersebut, saat pemeriksaan akhir masa jabatan bupati Purworejo oleh Inspektorat Provinsi Jateng, Purworejo mendapatkan nilai 91,40 dengan predikat sangat baik,” jelas dia.

Meski demikian, Yuli menyebutkan, masih ada beberapa target kinerja yang belum tercapai di RPJMD periode sebelumnya. Beberapa kinerja itu masih akan dilanjutkan jika masih relevan.

“Jika masih relevan akan dirumuskan kembali untuk dicapai dalam RPJMD periode 2021-2026,” sambung Yuli.

Sebelumnya, Bupati Purworejo Agus Bastian menginginkan di masa depan Kabupaten Purworejo mempunyai keunggulan komparatif dan kompetitif di sejumlah bidang. Yakni, sumber daya manusia, pertanian, pertumbuhan ekonomi, pelayanan publik, hingga infrastruktur.

“Itu sesuai dengan visi pembangunan Kabupaten Purworejo adalah Purworejo Berdaya Saing Tahun 2025,” tegasnya dalam acara Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Purworejo Senin (29/3).

Untuk mewujudkan visi tersebut, Bastian mengatakan, memiliki lima program pembangunan yaitu Panca Daya Saing. Di antaranya, peningkatan SDM, peningkatan daya saing sektor pertanian, peningkatan daya saing pertumbuhan ekonomi, peningkatan daya saing pelayanan publik, hingga peningkatan daya saing sarpras dan infrastruktur. ”Yakni, dengan program-program unggulan yang direncanakan,” paparnya. (han/amd)

Lainnya