Jalan Lurus Bikin Lengah

Jalan Lurus Bikin Lengah
TANTANGAN: Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito memimpin serah terima jabatan Kasat Lantas Polres Purworejo di Auditorium Polres Purworejo kemarin (9/4). (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito memberikan perhatian khusus terhadap kecelakaan lalu lintas di Jalan Purworejo-Magelang Km 18 pada Kamis (8/4) lalu. Pengemudi wajib berhati-hati mengingat aspek geografis di Kabupaten Purworejo yang terdiri perbukitan dan daerah rendah.

Selain itu, pengemudi jangan lengah dengan ruas jalan yang ini treknya lurus. Sebab, di jalur lurus ini pengemudi kerap memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan lengah.

“Laka lantas beruntun antara truk kontainer dan dua minibus yang terjadi kemarin (Kamis, 8/4) menjadi sebuah catatan bagi Kasat Lantas yang baru. Selamat datang di Purworejo,” tegas Kapolres dalam serah terima jabatan Kasatlantas Polres Purworejo di Auditorium Mapolres Purworejo kemarin (9/4).
Kursi Kasatlantas Polres Purworejo kini diduduki AKP Maryono, yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit Laka Satlantas Polres Surakarta. Sedangkan Kasatlantas Polres Purworejo lama AKP Lelono Widi Bramantyo dimutasi sebagai Kaur Regident Polrestabes Semarang.

Seperti diberitakan, kecelakaan maut terjadi di Jalan Purworejo-Magelang Km 18 tepatnya di Desa Kalijambe, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, kemarin (8/4). Kecelakaan itu melibatkan truk kontainer, truk engkel, dan moil pribadi. Kejadian ini menyebabkan seorang meninggal dunia yakni Romadon, 17, warga Ambarawa, Semarang. Selain itu, belasan orang luka-luka.

Kapolres Rizal menjelaskan, ditinjau dari aspek geografis, Kabupaten Purworejo merupakan daerah yang terdiri dari daerah perbukitan dan dataran rendah.

Selain itu, ada jalur lintas selatan yang dikenal sebagai titik lelah atau titik jenuh pengendara dari Jakarta menuju Surabaya.

Sedangkan bila dilihat dari segi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran, Kabupaten Purworejo merupakan daerah rawan kecelakaan dan lalu lintasnya padat. Utamanya jalan raya antara perbatasan Kecamatan Butuh, Kecamatan Kutoarjo, hingga Kecamatan Bayan. Ruas ini memiliki trek jalan lurus sehingga pengemudi kerap memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan lengah.

Selain itu, ungkap Kapolres Rizal, daerah utara di Kecamatan Bener terdapat medan tikungan dan turunan tajam. Akibatnya, banyak truk atau tronton mengalami kesulitan saat melintasi ruas jalan tersebut.

Kasatlantas Maryono juga memberikan perhatian terhadap laka yang melibatkan truk kontainer, truk engkel, dan mobil pribadi. Menurutnya, tidak ada yang menginginkan terjadi musibah.

Dia menegaskan, kejadiannya kecelakaan secara frontal seperti itu selalu berkaitan dengan ketaatan pengendara saat mengemudi di jalan raya. ”Semoga insiden tersebut menjadi pelajaran berharga. Tidak terulang kembali atau menjadi insiden terakhir di wilayah hukum Polres Purworejo,” ugkapnya.

Kasatlantas juga memberikan imbauan agar pengendara mematuhi aturan lalu lintas. “Saya mengimbau masyarakat untuk betul-betul mematuhi aturan lalu lintas yang ada. Tak kalah penting, kondisi kendaraan juga harus diperhatikan, layak jalan atau tidak. Jangan dipaksakan. Sama halnya masyarakat harus patuh terhadap aturan dan jangan ambil kebijakan sendiri-sendiri,” tegasnya.

Di sisi lain, Kapolres Rizal menegaskan, pergantian jabatan atau alih tugas di lingkungan Polri adalah hal wajar sebagai siklus pembinaan SDM yang didasari oleh kepentingan organisasi dengan mempertimbangkan karier bagi personel yang bersangkutan. “Mutasi adalah sebuah proses pemantapan kepemimpinan, yang perlu dipahami yakni semakin tinggi jabatan semakin tinggi tanggung jawabnya,” tegasnya.

Di sisi lain, Kapolres Rizal berharap Kasatlantas baru segera beradaptasi dengan situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Purworejo. “Segala tantangan menanti di hadapan seperti yang saya sampaikan tadi. Jalin terus kerja sama dengan instansi terkait. Jalin kemitraan yang harmonis dengan masyarakat untuk menjamin Kamseltibcar Lantas (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) yang sudah cukup baik selama ini,” ucapnya.

Sebagai pejabat baru yang ditugaskan di masa pandemi virus korona (Covid-19), Kasatlantas Maryono mengungkapkan, mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Dia berharap wilayah Purworejo semakin kondusif dan semakin baik. Selain itu, masyarakatnya semakin peduli dengan aturan lalu lintas di mana selama ini hal itu sudah berjalan dengan sangat baik.

“Terkait Purworejo sebagai titik lelah, saya akan memberikan imbauan melalui Kanit Dikyasa, memberikan kepada masyarakat minimal mengingatkan bahwa Purworejo adalah titik lelah. Kami juga akan komunikasikan dengan pemda, untuk menentukan titik yang bisa digunakan untuk berhenti dan istirahat,” ungkapnya. (tom/amd)

Lainnya