Pemuda Pancasila Berperan Gerakkan Potensi Kepemudaan

Pemuda Pancasila Berperan Gerakkan Potensi Kepemudaan
SEMANGAT: Suasana pelantikan pengurus Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila Kecamatan Kutoarjo di Desa Kiyangkongrejo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Sabtu (10/4). (Hendri utomo/radar purworejo )

RADAR PURWOREJO – Bupati Purworejo Agus Bastian menilai Pemuda Pancasila (PP) memiliki posisi dan peran yang sangat strategis dalam menggerakkan potensi kepemudaan. Pemuda Pancasila dapat berperan.

Kompleksitas persoalan yang dihadapi pemuda Indonesia mengharuskan Pemuda Pancasila bersama seluruh komponen bangsa secara bersama-sama memecahkan masalah-masalah yang ada. ”Seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, tawuran, rendahnya kualitas sumber daya manusia, dan sebagainya,” jelas Bupati dalam sambutan yang dibacakan Kepala Kesbangpol Kabupaten Purworejo Bambang Sadyo Hastono saat pelantikan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ormas Pemuda Pancasila Kecamatan Kutoarjo di kompleks kediaman Ketua PAC Kutoarjo Yanuar Arifin di Desa Kiyangkongrejo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Sabtu (10/4).

Pelantikan dipimpin Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Kabupaten Purworejo Sujito. Hadir dalam kesempatan itu, Dandim 0708/Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim, muspika Kutoarjo, dan para kepala desa di Kecamatan Kutoarjo.

Sujito menyebut, pelantikan ini menjadi pelantikan PAC kedelapan di Kabupaten Purworejo. Dalam waktu dekat, MPC akan melantik PAC di Kecamatan Butuh.

”Lalu setelah ramadan, pelantikan untuk PAC di kecamatan lain akan terus kita lanjutkan. Per kecamatan harus ada anggota seratus lima puluh orang,” sebutnya.

Diungkapkan, PP merupakan organisasi kemasyarakatan berbasis masa yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. Hingga saat ini ada sejumlah program yang secara kontinyu melibatkan PAC serta elemen masyarakat terkait.

”Kami selalu mengadakan baksos setiap Jumat secara kontinyu di beberapa kecamatan. Kita juga bekerja sama dengan PMI mengadakan pendataan donor darah. Jadi, kalau PMI butuh darah, PP siap melayani. Sudah dimulai dari PAC Kaligeding,” ungkapnya.

Sujito berharap ketua baru dapat menjalankan amanat organisasi dengan baik. Secara khusus, dia meminta PAC PP Kutoarjo segera tancap gas mengembangkan organisasi sampai ke tingkat ranting dan merealisasikan program-program yang dapat dirasakan masyarakat.

”Semoga ke depan PP Kutoarjo semakin besar, terarah, tertata, dan kian dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” tandasnya.

Ketua PAC PP Kecamatan Kutoarjo Yanuar ”Yayan” Arifin mengaku siap mengemban amanah. Dia berharap dukungan segenap pengurus, muspicam Kutoarjo, serta pihak-pihak terkait.

”Agenda terdekat mengadakan baksos-baksos sekaligus untuk mengenalkan dan menunjukkan bahwa PP itu adalah bagian dari masyarakat,” tegasnya. (tom/amd)

Lainnya