Nekat Mudik, ASN Kena Sanksi Disiplin

Nekat Mudik, ASN Kena Sanksi Disiplin
(GRAFIS: ERWAN TRICAHYO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Sanksi tegas siap dijatuhkan kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Purworejo yang mudik saat Lebaran 2021 mendatang. ASN yang nekat mudik dipastikan melanggar aturan pembatasan bepergian selama masa libur lebaran.

Penegasan itu dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Bupati Purworejo Nomor 862.1/12641/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Mudik dan/atau Cuti bagi Pegawai ASN dalam Upaya Pencegahan Covid- 19 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Surat edaran ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Yakni, SE Nomor 08 Tahun 202l tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Mudik dan/atau Cuti Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Masa Pandemi Covid-l9.

Selain itu, menindaklanjuti SE Gubernur Jawa Tengah. Yakni, SE Nomor 965/1080 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Mudik dan/atau Cuti Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Masa Pandemi Covid-19.

Ada tiga poin yang termuat dalam surat edaran bupati. Pertama, untuk mencegah dan meminimalisasi penyebaran serta mengurangi risiko Covid-19 yang disebabkan oleh mobilitas penduduk dari satu wilayah ke wilayah lainnya. ASN dan keluarganya dilarang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik dan/atau cuti pada periode 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021.

Kedua, ASN dapat diberikan cuti melahirkan atau cuti sakit atau cuti karena alasan penting. Ketiga, kepala perangkat daerah agar melakukan pemantauan dan pengawasan melekat untuk memastikan ASN di lingkungannya beserta keluarganya tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau mudik dan/atau cuti.

“Dengan itu kami mengimbau ASN dan keluarga untuk mematuhi SE tersebut, agar tidak ada ASN di lingkungan pemkab menerima sanksi disiplin pegawai,” ucap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Purworejo Nancy Megawati kemarin (9/5).

Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo Rita Purnama menambahkan, libur ASN selama masa lebaran hanya berlangsung selama empat hari hingga 16 Mei mendatang. “Lepas tanggal 16 Mei, ASN sudah harus aktif kembali,” ucapnya.

Menurutnya, kebijakan tentang libur ASN juga sudah dituangkan dalam SE Bupati Purworejo Nomor 850/1518/2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021. Perangkat daerah atau unit kerja yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat agar mengatur penugasan pegawai pada hari libur nasional dan cuti bersama 2021 sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan. Di antaranya, rumah sakit umum daerah, puskesmas, perhubungan, penanggulangan bencana, pemadam kebakaran, serta keamanan dan ketertiban. (tom/amd)

Lainnya