ASN Jadi Teladan Prokes

ASN Jadi Teladan Prokes
(GRAFIS: ERWAN TRICAHYO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo terus berupaya menangani pandemi virus korona (Covid-19) yang masih berlangsung. Salah satu caranya yakni terus geliatkan penerapan protokol kesehatan (prokes) di masyarakat.

Selama pandemi ini, aparatur sipil negara (ASN) diminta menjadi teladan dan pelopor dalam menerapkan prokes. Teladan di dalam dan luar kedinasan.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Nomor 860/4433/2021 tentang Kewajiban ASN dan Aparat Desa/Kelurahan untuk Menjadi Teladan dan Pelopor Prokes di Kabupaten Purworejo. “ASN diminta agar tidak menyelenggarakan atau menghadiri kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan serta mengurangi mobilitas,” kata Bupati Purworejo dalam SE yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Purworejo Said Romadhon Senin (21/6).

Selain itu, para ASN diminta tidak melakukan kegiatan studi banding ke luar daerah. Selain itu, tidak menerima kunjungan dari daerah lain. Terutama dari daerah kategori zona merah dan sekitarnya.

“Pelanggaran terhadap hal-hal tersebut di atas akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Sebelumnya, Asisten Administrasi dan Kesra Kabupaten Purworejo Pram Prasetyo Achmad meminta seluruh anggota Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Purwoejo dapat menjadi contoh pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) di berbagai kesempatan selama masa pandemi. Anggota Korpri juga diharapkan dapat terus mengedukasi penerapan prokes 5M menjadi sesuatu yang memang harus dilakukan.

Prokes 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas. ”Jangan sampai kita mengikuti kegiatan yang melanggar prokes,” ujarnya. (han/amd)

Lainnya