Belasan Nakes Terpapar

Belasan Nakes Terpapar
GRAFIS: ERWAN TRICAHYO/RADAR PURWOREJO

RADAR PURWOREJO – Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSU) RAA Tjokronegoro Purworejo ditutup untuk sementara waktu. Penutupan dilakukan usai sekitar delapan belas tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit milik Pemkab Purworejo tersebut terpapar virus korona (Covid-19).

Dari belasan nakes terpapar Covid-19 tersebut, lima nakes bertugas pada instalasi gawat darurat (IGD). Sedangkan 13 nakes lainnya bertugas di bagian lain.

Penutupan dilakukan selama dua hari sejak Minggu (4/7) pukul 21.00. “Betul. Tutup dua hari ini (kemarin) dan Selasa (6/7),” jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo Tolkha Amaruddin saat dikonfirmasi Radar Purworejo Senin (5/7).

Rumah sakit tersebut akan dibuka kembali Rabu besok (7/7). “Yang terkonfirmasi positif tersebut yaitu nakes pada IGD sebanyak lima orang dan 13 nakes lainnya,” ungkap dia.

Satgas saat ini sedang melakukan tracing (pelacakan). Targetnya adalah mereka yang melakukan kontak erat dengan nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut.

“Penutupan dilakukan untuk sterilisasi dan tracing,” katanya.

Meski demikian, RS RAA Tjokronegoro tetap memberikan perawatan terhadap 96 pasien Covid-19 yang sebelumnya sudah dirawat. “Namun meskipun tutup, 96 pasien terkonfirmasi Covid-19 yang ada, tetap dalam perawatan di rumah sakit ini (RSU RAA Tjokronegoro),” sambung Tolkha.

Kasus nakes terpapar Covid-19 pernah terjadi di RSIA Permata Purworejo. Puluhan karyawan dan dokter harus menjalani isolasi mandiri sehingga layanan di rumah sakit itu sempat ditutup untuk sementara waktu.

Sementara itu, Tolkha menyatakan, sejak Selasa (29/6) laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jogjakarta tidak menerima sampel tes polymerase chain reaction (PCR) dari luar rumah sakit. Hanya hasil tes pemeriksaan molekuler pasien terduga terinfeksi Covid-19 dari rumah sakit yang diterima.

“Sehingga hasilnya sedikit,” terangnya. (han/amd)

Lainnya