Kesadaran Vaksinasi Meningkat

Kesadaran Vaksinasi Meningkat
AKTIF: Suasana vaksinasi gratis yang dilaksanakan di Markas Kodim 0708 Purworejo (3/7). (Hendri utomo/radar purworejo)

RADAR PURWOREJO – Tingkat kesadaran masyarakat terkait pentingnya vaksinasi virus korona (Covid-19) di Kabupaten Purworejo semakin tinggi. Hal itu terbukti dari antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi 1.150 dosis di Makodim 0708 Purworejo Minggu (4/7).

Tingginya animo masyarakat mengikuti vaksinasi tersebut memunculkan harapan besar. Hal itu memberikan harapan langkah pengendalian Covid-19 di Kabupaten Purworejo bisa berjalan baik.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Kodim 0708 Purworejo yang telah mengadakan serbuan vaksin kepada masyarakat Kabupaten Purworejo. Hal ini sangat membantu optimalisasi program vaksinasi,” tegas Bupati Purworejo Agus Bastian kemarin (5/7).

Dijelaskan, berdasarkan data yang ada terungkap pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Purworejo untuk dosis pertama baru mencapai 58 persen dan dosis kedua sebesar 37,3 persen dari total sasaran 123.060 jiwa. Vaksinasi yang diselenggarakan Kodim dinilai sangat tepat. Sebab, kasus Covid-19 di Kabupaten Purworejo kembali meningkat setelah sempat melandai awal 2021 lalu.

Bupati menjelaskan, semakin banyak jumlah warga yang mendapatkan vaksinasi maka kekebalan komunal (herd immunity) segera tercapai. Meski demikian, perlu diingat bahwa mereka yang sudah divaksin tidak otomatis kebal dari Covid-19.

“Vaksin ini sebagai ikhtiar untuk mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan. Artinya, orang yang divaksin tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, memang hampir seluruh wilayah di Indonesia mengalami peningkatan kasus Covid-19. Tak terkecuali Kabupaten Purworejo. Bahkan, Bumi Berirama kembali masuk zona merah dan harus menerapkan PPKM darurat level 3.

“Mari kita ikuti aturan pengetatan aktivitas masyarakat ini pada masa PPKM darurat mulai 3 sampai 20 Juli 2021. Semoga kondisi ke depan semakin membaik,” jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0708 Letkol Inf Lukman Hakim menyatakan, vaksinasi ini dilaksanakan untuk mendukung program satu juta vaksin di wilayah Korem 072/Pamungkas. Kodim 0708 Purworejo memperoleh jatah 1.150 dosis.
Dia menilai animo masyarakat sangat luar biasa. Bahkan, melebihi target.
“Kami sudah janjikan, nanti setelah ini akan ada lagi,” katanya.

Ditegaskan, tingkat kesadaran masyarakat mulai tinggi untuk mengikuti vaksinasi. Hal ini tidak semata hasil kerja keras Kodim 0708. Sebab, Kodim 0708 selalu berkoordinasi dengan Polri, Satpol PP, dan Dinkes Kabupaten Purworejo untuk memberikan pencerahan bahwa vaksinasi adalah langkah efektif untuk menghentikan virus.

“Tetapi, sekali lagi, bukan serta merta setelah di vaksin kemudian kebal. Prokes 5M harus tetap diterapkan secara disiplin dan sadar. Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas sudah menjadi kebiasaan baru yang harus diterapkan,” tegasnya. (tom/amd)

Lainnya