Manfaatkan untuk Bersihkan Obwis

Manfaatkan untuk Bersihkan Obwis
(GRAFIS: ERWAN TRICAHYO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Sejumlah pengelola objek wisata (obwis) di Kabupaten Purworejo manfaatkan momentum penutupan obwis selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat untuk bersih-bersih. Aksi ini dimaksudkan agar saat obwis kembali dibuka sudah siap benar-benar menerima pengunjung.

Menurutnya, perawatan obwis selama tidak ada pengunjung akan lebih maksimal. “Sementara untuk bersih-bersih dulu. Mau pengembangan belum ada dananya,” ujar salah satu pengelola obwis Bukit Seribu Besek Miftakhu Khafid kepada Radar Purworejo Kamis (7/7). PPKM dilaksanakan sejak 3 hingga 20 Juli mendatang.

Hal serupa dilakukan pengelola obwis Gua Seplawan. Koordinator Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Gua Seplawan Kelik Danang Dono Rumekso mengatakan, pihaknya juga memanfaatkan penutupan obwis untuk perawatan obwis.

“Ya, agar nantinya setelah buka siap untuk menerima pengunjung kembali dengan protokol kesehatan. Lagi pula obwis memang harus dirawat untuk mempertahankan keindahan obwis itu sendiri,” katanya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo memutuskan selama PPKM darurat seluruh objek wisata di Kabupaten Purworejo ditutup. Kepala Dinparbud Kabupaten Purworejo Agung Wibowo menyebutkan tetap akan melakukan pemantauan.

Salah satu titik yang dipantau yakni kawasan Alun-Alun Purworejo. “Nanti ada petugas kami yang keliling dibantu dengan pantauan CCTV (closed circuit television/televisi sirkuit tertutup) yang akan selalu mengingatkan. Di samping itu, Satpol PP, TNI dan Polri juga ikut mem-back up,” kata Agung.

Sebelumnya, dinparbud memutuskan seluruh objek wisata ditutup selama PPKM darurat berlangsung. “Benar, ada penutupan mulai 3 Juli hingga 20 Juli mendatang. Imbas dari PPKM darurat,” ungkap Agung (2/7).

Area-area tertentu di Alun-Alun Purworejo diberi garis batas. Keempat sisi alun-alun akan dipasang pengumunan berisi informasi penutupan.

“Awal pandemi tahun lalu sudah pernah kami laksanakan dan berjalan dengan baik,” ujar Agung. (han/amd)

Lainnya