PJJ untuk SMP Dimulai Hari Ini

PJJ untuk SMP Dimulai Hari Ini
Suasana penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMPN 2 Kebumen beberapa waktu lalu. Hari ini siswa mulai tahun ajaran baru dengan system online.

RADAR KEBUMEN Tahun ajaran baru 2021 untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dijadwalkan dimulai hari ini dan dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau online. Hal ini karena masih diberlakukannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat hingga 20 Juli mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kebumen Moh Amirudin menjelaskan, PJJ dilakukan karena masih tingginya kasus Covid-19 di Kebumen. Sebelumnya, pembelajaran tatap muka (PTM), sempat diizinkan di Kebumen. Hanya saja, hal tersebut dihentikan di sekolah yang masuk dalam wilayah zona selain hijau.
Namun saat PPKM darurat ini, zona hijau di wilayah Kebumen tidak berlaku untuk menjalankan kebijakan yang sebelumnya diperbolehkan. PJJ, kata Amir, juga akan dilaksanakan di tingkan sekolah dasar (SD) saat awal masuk tahun ajaran baru pada 21 mendatang. “Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan sistem PJJ,” kata Amir kemarin (11/7).
Akan diberlakukannya PJJ maupun PTM selanjutnya, lanjut Amir, akan menunggu perkembangan situasi dan kondisi. Jika pandemi dapat segara berakhir, tentunya proses kegiatan belajar dapat dilaksanakan dengan PTM. Namun hingga kini, berdasarkan laporan dari Satgas Covid-19, masih cukup banyak masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan (prokes). Padahal prokes menjadi aturan wajib yang harus dipakai dalam menjalankan aktivitas.
Sementara itu, Kepala SMPN 2 Kbeumen Tjandra Agustina Dewanti menuturkan PTM akan dilakukan saat mendapatkan izin dari Pemkab dan Disdik Kebumen. PJJ saat ini juga berlaku bagi siswa baru. Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dilakukan secara daring melalui berbagai media. Dalam MPLS, materi yang akan diberikan berupa wawasan wiyata mandala, cara belajar efektif, pengenalan PJJ yaitu Pihar Siswa Spenda hingga bijak bermedia sosial. “Juga akan ada unjuk kreativitas bakat minat,” jelasnya.
Sementara untuk siswa kelas VIII dan IX, masuk sekolah hari peryama akan melakukan proses daftar ulang online. Dengan menghubungi wali kelas masing-masing. Selanjutnya akan dibuat group WhatsApp oleh wali kelas untuk pembentukan pengurus kelas. Nantinya akan dilakuka sosialisasi bagi seluruh siswa terkait petunjuk teknis PJJ dan tata tertibnya. Diharapkan selama PJJ berlangsung, orang tua atau wali siswa bisa mendampingi pembelajaran di rumah. “Kegiatan belajar mengajar (KBM) efektif mulai Kamis (15/7),” kata Tjandra.
Terpisah, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menegaskan selama masa PPKM darurat, di Kebumen sudah tidak ada lagi zona hijau. Semua dinyatakan zona merah. Artinya semua kegiatan masyarakat yang bisa mengundang keramaian jelas dilarang atau tidak diizinkan lagi. “Pada Minggu (11/7) kemarin dan Minggu (18/7) depan, akan ditutup pula pasar dan pertokoan di Kebumen. Ini untuk mendukung adanya Gerakan Kebumen di Rumah Saja,” ungkapnya. (eno/din/er)

Lainnya