Salat Id di Rumah Saja

Salat Id di Rumah Saja
BERSAMA: Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito menyerahkan sapi kurban dari personel Polres Purworejo kepada warga di halaman Mapolres Purworejo kemarin (19/7). (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Purworejo menginstruksikan umat Islam menunaikan salat Idul Adha 1442 Hijriah di rumah saja. Salat Id untuk Idul Adha tahun ini jatuh 10 Dzulhijjah atau Selasa hari ini (20/7).

“Idul Adha tahun 1442 H tahun ini bisa dilaksanakan di rumah saja. Bisa dilaksanakan secara berjamaah bersama keluarga inti,” jelas Sekretaris MUI Kabupaten Purworejo Farid Solihin kemarin (19/7).

Instruksi MUI Kabupaten Purworejo tersebut sepenuhnya tak dilaksanakan. Ada masjid yang menggelar salat Id dengan jumlah jamaah terbatas. Masjid tersebut yakni Masjid Agung Darul Muttaqin Kabupaten Purworejo.

Ketua Takmir Masjid Agung Darul Muttaqin Kabupaten Purworejo Najib Syarifudin mengungkapkan, pihaknya akan tetap menyelenggarakan salat Idul Adha berjamaah di masjid. Jumlah jamaah dibatasi.

“Jamaah terbatas untuk lingkungan di sekitar masjid saja. Pintu gerbang masjid depan juga akan ditutup. Hanya pintu samping yang dibuka dengan penjagaan ketat petugas keamanan masjid,” ungkapnya.

Di sisi lain, Farid menjelaskan terkait teknis pemotongan hewan kurban. MUI menganjurkan penyembelihan dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH).
Menurutnya, jika tidak di RPH maka penyembelihan dapat dilakukan di tempat lain dengan syarat tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) secara disiplin. Selain itu, penyembelihan jangan menimbulkan kerumunan.

“Pemotongan hewan kurban bisa dilakukan tenaga profesional atau panitia pelaksana dengan prokes ketat dan lokasi sebelumnya harus disterilkan dengan penyemprotan disinfektan,” ucap Farid, yang menjabat Ketua PBNU Kabupaten Purworejo ini.

Pembagian daging kurban bisa diantar langsung oleh panitia penyembelihan hewan kurban ke penerima. Petugas distribusi wajib mengenakan masker, sarung tangan, dan menghindari kontak fisik dengan penerima.

“Semoga pelaksanaan Idul Adha dengan segala keterbatasan ini bisa berjalan dengan baik dengan harapan dan doa pandemi juga segera berlalu,” katanya.

Takmir Masjid Agung Darul Muttaqin siap melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Lokasi sekitar masjid yang berada di kawasan Alun-Alun Purworejo bakal diatur ketat.

Perempatan Alun-Alun Purworejo dari sisi selatan yang selama ini menjadi akses masuk ke Masjid Agung akan ditutup. Teknis penyembelihan hewan kurban juga tertutup. Hanya panitia yang bisa masuk area penyembelihan hewan kurban.

“Kami sudah berkoordinasi dengan rukun tetangga (RT) untuk menutup jalan arah lokasi penyembelihan hewan kurban,” jelas Najib Syarifudin.

Teknis pembagian daging kurban seperti tahun lalu. ”Panitia hanya perwakilan dua orang dari setiap RT untuk mengambil jatah daging kurban untuk kemudian dibagikan kepada yang berhak menerima,” katanya. (tom/amd)

Wajib Terapkan Prokes Ketat

Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito punya pesan untuk masyarakat saat momentum Idul Adha 2021 hari ini. Kapolres berpesan agar masyarakat menikmati daging kurban saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Selain itu, tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 dengan ketat.

“Saya hanya berpesan, tetap jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan secara disiplin,” tegas Kapolres saat menyerahkan sembilan belas hewan kurban di halaman Mapolres Purworejo kemarin (19/7).

Polres Purworejo membagikan seekor sapi dan delapan belas kambing kepada masyarakat. Hewan-hewan kurban itu akan disembelih di masjid, musala, pondok pesantren, dan panti asuhan.

Penerima hewan kurban itu antara lain pengurus Masjid Al Hidayah Kledung, Musala Baiturrahman Kaligesing, Masjid Al Amin Kaligesing, Ponpes At Tin, Musala Al Huda Sucen, Rutan Purworejo, dan Masjid Umar Maruq Bener.

Hewan kurban juga disalurkan ke Panti Asuhan Danukusumo, Musala Al Huda Bener, Musala Al Barokah Botodaleman, Musala Istiqomah Cangkrep Lor, dan Panti Rehabilitasi Plandi. Dikirimkan pula ke takmir Masjid Nurul Hidayah Sucen, Musala Al Mujahidin Pangen, Mushola Al Amin Purwodadi, dan Masjid Sidomulyo.

“Sapi kami serahkan kepada Masjid Nurul Huda Kamijoro, Kecamatan Bener. Hewan kurban sebanyak 19 ekor ini merupakan sumbangan dari personel Polres Purworejo untuk disalurkan kepada masyarakat Kabupaten Purworejo.” ucap Kapolres Rizal.
(tom/amd)

Lainnya