Terbang Naik Naga Raksasa

Terbang Naik Naga Raksasa
TINGGI: Layang-layang naga raksasa diterbangkan di areal persawahan Dusun Karang Moncol, Desa Jenar Kidul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, kemarin (29/7). (HENDRI UTOMO/Radar Purworejo)

RADAR PURWOREJO – Terbang dengan menaiki layang-layang naga raksasa. Terbang hingga melayang beberapa meter di atas tanah. Itu terlihat di areal persawahan Dusun Karang Moncol, Desa Jenar Kidul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, kemarin (29/7). “Ya, bisa ikut terbang bersama layang- layang,” jelas Achmad Tegar Dearyanto, pemilik layang-layang naga raksasa.

Warga Jenar Kidul RT 01 RW 02 ini mengaku membuat dan menerbangkan layang-layang raksasa naga untuk melepas penat.

Dia mengaku terinspirasi setelah menonton tayangan video di Youtube terkait cara membuat layang-layang naga. “Sudah ada empat layang-layang naga raksasa yang berhasil saya buat. Dua sudah dibeli warga. Yang ini selalu saya terbangkan sendiri di waktu sore hari,” kata Tegar.

Dia dibantu dua rekannya dalam membuat layang-layang naga raksasa. Pembuatan satu layang-layang butuh waktu sekitar sepekan.

Bahannya berupa bambu, plastik, tali, fiber, kain, dan cat. “Hanya seminggu saya membuatnya. Menghabiskan biaya Rp 1 juta per layang- layang,” jelasnya.
Menurutnya, keasyikan layang-layang naga raksasa yakni saat menerbangkan. Sensasinya berbeda dibanding menerbangkan layang-layang ukuran kecil pada umumnya.

Butuh satu tim yang terdiri beberapa orang untuk menerbangkan. Butuh tenaga besar untuk menaikkannya.

Tegar menambahkan, layang-layang naga raksasa ini mampu mengangkat tiga orang. Yakni, dua anak-anak dan seorang dewasa.

Ada banyak warga yang ingin mencoba naik layang-layang tersebut. Layangan itu pun dilengkapi semacam tempat duduk dan pegangan.

Tegar menuturkan, keisengan menerbangkan layang-layang naga raksasa ternyata tidak hanya mampu membunuh waktu luang selama pandemi Covid-19. Kegiatan ini ternyata juga mampu menghibur banyak orang.

“Kami melayani pesanan pembuatan layang-layang naga raksasa. Layangan raksasa ini kami jual dengan harga Rp 1 juta sampai Rp 2 jutaan, sesuai ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya,” paparnya. (tom/amd)

Lainnya