Dewan dan Bupati Sepakati Anggaran

Dewan dan Bupati Sepakati Anggaran
SETUJU: Bupati Purworejo Agus Bastian dan Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudi dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Purworejo kemarin (9/8). (Hendri utomo/radar purworejo)

RADAR PURWOREJO – Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Purworejo Tahun 2021-2026 dan Rancangan Perubahan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Purworejo Tahun Anggaran 2021 disepakati. Hal itu terungkap dalam rapat paripurna penetapan keputusan di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Purworejo kemarin (9/8).

Kesepakatan melibatkan dewan dan Pemkab Purworejo. Kesepakatan ditandai penandatangan nota oleh Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudi dan Bupati Purworejo Agus Bastian.

Bastian menyatakan, pembahasan yang dilakukan telah memperoleh hasil dalam menyepakati visi, misi, tujuan, sasaran, program daerah, kerangka pendanaan, dan program perangkat daerah yang akan dilaksanakan dan dicapai dalam RPJMD Kabupaten Purworejo tahun 2021-2026. “Atas hasil pembahasan tersebut, kami dapat menerima dan agar dapat ditindaklanjuti dalam bentuk nota kesepakatan bersama,” terangnya.

Dokumen yang disepakati berupa Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Purworejo Tahun 2021-2026 selanjutnya akan disampaikan ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk mendapatkan evaluasi sesuai ketentuan perundang-undangan. Hasil evaluasi akan disampaikan kembali ke DPRD Kabupaten Purworejo untuk dilakukan penyesuaian dan ditetapkan menjadi peraturan daerah.

“Terhadap laporan Badan Anggaran DPRD tentang hasil pembahasan atas perubahan KUA dan perubahan PPAS, yang dilaporkan, kami mengucapkan terima kasih atas kerja kerasnya,” jelasnya.

Menurutnya, pembahasan yang dilakukan telah memperoleh hasil. “Dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan penerimaan daerah untuk membiayai pengeluaran daerah guna terwujudnya target pelaksanaan pemerintahan daerah pada akhir tahun anggaran 2021,” ucap Bastian.

Juru Bicara Badan Anggaran DPRD Kabupaten Purworejo Sigit Apriyanto menjelaskan, pembahasan melibatkan Banggar DPRD Kabupaten Purworejo bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Hasilnya yakni pendapatan daerah dalam rancangan perubahan KUA dan perubahan PPAS Kabupaten Purworejo tahun anggaran 2021 direncanakan sebesar Rp 2,152 triliun disepakati sebesar Rp 2,154 triliun. Bertambah sekitar Rp 1,469 miliar. Penambahan pada pajak daerah sebesar Rp 1.469 miliar.

Pendapatan asli daerah dalam Rancangan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS Kabupaten Purworejo TA 2021 direncanakan sebesar Rp 301,743 miliar. Akhirnya disepakati sebesar Rp 303,212 miliar atau bertambah sekitar Rp 1,469 miliar.

“Setelah melaksanakan pembahasan atas materi Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran dan Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Tahun Anggaran 2021, Badan Anggaran DPRD Kabupaten Purworejo dapat menerima Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran dan Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Tahun Anggaran 2021 beserta perubahannya dan selanjutnya untuk disepakati menjadi nota kesepakatan bersama antara dewan perwakilan rakyat saerah dengan kepala daerah,” jelasnya. (tom/amd)

Lainnya