Harus Kompak Laksanakan Prokes 5M

Harus Kompak Laksanakan Prokes 5M

KEBUMEN, Radar Kebumen – Kabupaten Kebumen kini memasuki pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 sesuai Inmendagri Nomor 38 tahun 2021. Meski demikian, masyarakat diharapkan lebih kompak dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes) 5M.

Kasi Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman menjelaskan, meski telah diturunkan statusnya, prokes harus tetap ditegakkan. Hal ini, haruslah menjadi pola kebiasaan di tengah pandemi. “Kita jangan lengah meskipun sudah di level 3. Kita tetap harus kompak selalu patuh prokes untuk menurunkan kasus. Sampai Kebumen zero kasus Covid-19,” jelas Tugiman kemarin (31/8).

Turunnya level dari 4 menjadi 3 membuat Kabupaten Kebumen memperoleh berbagai kelonggaran. Dengan artian, beberapa aktivitas yang sebelumnya dibatasi, kini kembali diperbolehkan.

Menurut Tugiman, aturan PPKM level 3 tidak jauh berbeda dengan kebijakan status PPKM level 4. Perbedaan yang paling mencolok adalah dibukanya kembali pembelajaran tatap muka terbatas. “Dari sebelumnya dilakukan secara jarak jauh,” ungkap Tugiman.
Pada kebijakan PPKM level 3, kata Tugiman, anak-anak berusia di bawah 12 tahun sudah diizinkan masuk ke dalam pusat perbelanjaan. Selain itu, restoran dan kafe diharapkan dapat melayani makan di tempat atau dine in dengan kapasitas maksimal hingga 50 persen.
Selain Kabupaten Kebumen, di Provinsi Jawa Tengah ada 20 Kabupaten/Kota yang menyandang PPKM Level 3. Kabupaten Wonosobo, Wonogiri, Temanggung, Tegal, Sukoharjo, Sragen, dan Purbalingga. Selain itu, adapula Kabupaten Magelang, Kota Tegal, Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kabupaten Klaten, Karanganyar, Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, Pekalongan, Brebes, Boyolali, dan Kabupaten Blora.
Sementara Pada level 2, ada Kabupaten Rembang, Pemalang, Pati, Kudus, Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, Jepara, Grobogan, Batang, dan Kabupaten Demak. “Sedang untuk Level 4 adalah Kabupaten Purworejo, dan Kota Magelang,” kata Tugiman. (eno/din/er)

Lainnya