Ganjar: Dua Tahun Saya Tak Bisa Begini karena Pandemi

Ganjar: Dua Tahun Saya Tak Bisa Begini karena Pandemi
KELILING DESA: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menginap di rumah Kepala Desa Gunungsari, Karanggayam, Selasa (11/1). (ISTIMEWA)

KEBUMEN – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo turun gunung bekerja di Kebumen, Selasa (11/1). Keliling desa, rapat virtual, ngopi bareng hingga ngobrol gayeng di rumah warga dilakukannya. Ganjar ternyata merindukan suasana ini setelah dua tahun masa pandemi membatasi gerak.
Seharian Ganjar berkeliling Kebumen. Agenda utamanya adalah untuk menyerahkan bantuan keuangan pemerintah Provinsi Jateng. Dalam rangka pengentasan kemiskinan ekstrem di Kebumen.

Setidaknya ada empat titik di Desa Seliling, Alian yang dikunjungi Ganjar. Tak hanya di situ, Ganjar juga mengunjungi Desa Kalirejo, Karanggayam. Berinteraksi, memberikan mainan untuk anak-anak, termasuk mentraktir jajan cilok membuat meriah suasana di Desa Kalirejo.

Agenda belum usai, Ganjar sempat transit istirahat di rumah Kepala Desa Gunungsari, Karanggayam. Tak hanya transit, di rumah itu pula nantinya Ganjar bermalam.

Di tengah dinginnya hawa pegunungan, Ganjar menuju ke Balai Desa Gunungsari. Di sana, Ganjar ‘numpang ngantor’ untuk mengikuti rapat virtual yang diadakan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi.

Usai rapat, Ganjar menyapa penyuluh kesehatan. Serta berkomunikasi dengan petani hutan di aula balai desa. Bertajuk Ngopi Bareng, acara itu mempertemukan Ganjar dengan para penyuluh kesehatan, pelaku UMKM hingga peguat konservasi.

“Dua tahun saya meninggalkan acara ini. Hari ini kita hidupkan lagi anda lihat ternyata antusiasme masyarakat bagus,” kata Ganjar usai ngopi bareng di Balai Desa Gunungsari, Karanggayam.

Ganjar mengatakan, kegiatan semacam ini sering dilakukannya sebelum masa pandemi. Dari kegiatan ini, Ganjar bisa bertemu langsung dengan warga desa yang punya potensi untuk dimaksimalkan. “Sehingga kita bisa mendapatkan insight-nya, nah tentu saja kalau ini sudah bisa berjalan kita barengkan dengn program yang ada di kabupaten, kota, provinsi, dan pusat. Sehingga akan manfaat,” tandas Ganjar.

Seusai acara di balai desa, Ganjar kembali pulang ke rumah warga untuk istirahat. Namun sebelum beristirahat, Ganjar masih sempat menyapa dan ngobrol bersama warga Desa Gunungsari. Momen ini dirasakan istimewa oleh Sukarjo, Kades Gunungsari. “Saya terimakasih, Pak Gubernur, Pak Bupati, semuanya saya berterimakasih. Ini Kecamatan Karanggayam setahu saya baru sekali ini ada gubernur tidur di rumah warga Desa Gunungsari,” katanya.

Sukarjo menilai Ganjar sebagai sosok yang merakyat. Ganjar tak pandang bulu dalam berinteraksi. “Merakyat sekali, benar-benar bisa sama masyarakat kecil selalu merangkul. Tidak membedakan kecil atau besarnya,” ujar Sukarjo. (*/eno)

Lainnya