Kodim Bekali Pemuda Wawasan Kebangsaan

Kodim Bekali Pemuda Wawasan Kebangsaan
HARAPAN: Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infantri Lukman Hakim memberikan materi Wawasan Kebangsaan kepada 60 santri dari 12 pondok pesantren di Jawa Tengah di SMK Negeri 1 Purworejo kemarin (31/5). (HENDRI UTOMO/RADAR PURWOREJO)

RADAR PURWOREJO – Peran pemuda sangat strategis dan turut menentukan nasib bangsa di masa depan. Pemuda perlu memahami wawasan kebangsaan dan Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan jati diri Indonesia yakni hidup bersama dalam keberagaman telah menjadi jiwa dan semangat bangsa di negara ini.

Pernyataan itu ditegaskan Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infantri Lukman Hakim saat memberikan materi wawasan kebangsaan di SMK Negeri 1 Purworejo kemarin (31/5). Kegiatan ini diikuti 60 santri dari 12 pondok pesantren di Jawa Tengah.

“Dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan globalisasi sangat diperlukan wawasan kebangsaan sebagai lem perekat. Semangat nasionalisme harus terus dipupuk melalui pendidikan bela negara,” paparnya.

Dijelaskan, salah satu bentuk bela negara yakni mencintai dan melestarikan lingkungan dengan mengolah sampah agar tidak memicu pemanasan global demi generasi masa depan. “Kuncinya disiplin, inovatif, dan kreatif. Rencana matang, hasil akan maksimal,” jelasnya.

Seno, panitia kegiatan, menyatakan, kegiatan ini didukung Baznas Jawa Tengah dengan bentuk pelatihan pengolahan sampah. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dengan materi manajemen pengolahan sampah menjadi pupuk kompos dan cair. Selain itu, pengolahan sampah plastik menjadi bahan bangunan.

“Selain mendapatkan ilmu dari pengolahan sampah, para peserta memperoleh bekal wawasan kebangsaan yang nantinya akan berguna saat kembali ke pondok pesantren dan juga diimplementasikan saat kembali ke lingkungan masyarakat,” ucapanya. (tom/amd)

Lainnya